Klinik Unimal Buka Kesempatan Tes Golongan Darah

SHARE:  

Humas Unimal
Petugas medis di Klinik Unimal, dr Vonna, sedang memeriksa Kepala UPT Kehumasan di Reuleut, Aceh Utara, Senin (15/3/2021). Klinik Unimal sedang dipersiapkan agar bisa menerima pasien untuk pemeriksaan golongan darah dan Hb. Foto: Ahmad Al Bastin.

UNIMALNEWS | Reuleut – Demi meningkatkan pelayanan dan respons dari publik, Unit Pelayanan Teknis Klinik Universitas Malikussaleh berencana membuat pelayanan tes golongan darah dan Hb (haemoglobin).

Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya tuntutan dari mahasiswa dan masyarakat di sekitar Reuleut yang menginginkan surat sehat, yang menjadi tuntutan administrasi dari kampus.

Hal itu disampaikan dr Vonna, salah seorang dokter jaga di UPT Klinik, ketika dijumpai Unimalnews, Senin (15/3/2021). Kehadiran Unimalnews di UPT Klinik juga untuk memonitoring tentang kesiapan UPT tersebut dalam melakukan penanganan kesehatan masyarakat.

Kepala UPT Klinik, dr Anita mengatakan bahwa untuk tingkat kesiapsiagaan tenaga medis dan paramedis saat ini telah cukup baik dan bisa diandalkan.

Menurutnya, pelayanan golongan darah ini menjadi sangat penting, yaitu untuk mendapatkan data golongan darah terutama mahasiswa, ketika mereka memerlukan penanganan medis atau keperluan donor darah.

“Kita lihat, bahwa pemeriksaan golda dan Hb mahasiswa ini akan menjadi data awal yang bisa digunakan untuk tindakan prevensi dan mitigasi di bidang kesehatan. Kami juga menginginkan performa Klinik ini semakin meningkat, bukan saja mengeluarkan surat kesehatan secara administratif, tapi juga memiliki data base yang berguna bagi banyak pihak, baik UPT Klinik atau lembaga yang berhubungan dengan dunia kesehatan,” ungkap Anita.

Untuk melakukan kegiatan ini, UPT Klinik sedang melakukan penjadwalan, sehingga tidak terjadi gelombang penumpukan massa. Sebab, ruang Klinik juga terbatas untuk bisa menampung pasien, apalagi di era Covid-19 seperti saat ini.

Untuk jadwal pemeriksaan golongan darah akan diumumkan kemudian, baik melalui Unimalnews atau melalui media sosial resmi milik Universitas Malikussaleh. [tkf]


Kirim Komentar