Siswa SMPIT Madani Lhoksukon Kunjungi Lab Fakultas Pertanian Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Siswa SMPIT Madani Lhoksukon Kunjungi Lab Fakultas Pertanian Unimal. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman ((KJT)) Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh menerima kunjungan tamu dari Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Madani Lhoksukon,  di Kampus Reuleut, Aceh Utara, Rabu (24/3/2021).

Kepala Lab. KJT, Dr Rd. Selvy Handayani mengatakan, kegiatan kunjungan itu merupakan program SMPIT Madani Lhoksukon. Tiba di Laboratorium KJT, mereka mengadakan wisata pembelajaran di Laboratorium KJT Fakultas Pertanian Unimal.

“Ada 33 siswa dan 8 guru SMPIT Madani yang melakukan kunjungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan pembelajaran dan praktikum perbanyakan tanaman secara modern melalui teknik kultur jaringan tanaman (kultur in vitro),” katanya.

Menurut Selvy Handayani, kegiatan itu dilakukan di dua laboratorium terpisah yaitu Lab KJT dan Agroekoteknologi (AET).  Kemudian mereka dibantu oleh teknisi laboratorium untuk pengenalan alat laboratorium KJT dan AET, sterilisasi alat dan bahan, serta penanaman biji jeruk dengan teknik kultur jaringan tanaman.

Setelah itu, setiap siswa selain mendapatkan modul pelatihan dan mempelajari berbagai tanaman dalam botol di ruang inkubasi, juga melakukan praktek penanaman biji jeruk secara in vitro yaitu dua biji jeruk per botol.

“Kegiatan ini selain untuk media promosi prodi dan fakultas, juga sangat baik untuk membentuk karakter dan kecintaan siswa pada tanaman dan sistem perbanyakan tanaman modern. Siswa SMPIT sangat antusias mengikuti semua tahapan kegiatan, terutama karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka, bahkan guru-gurunya pun ikut melakukan praktek penanaman biji secara in vitro,” tuturnya.

Lanjutnya, mereka mengakui bahwa sebelumnya hanya dapat mengetahui sistem perbanyakan kultur jaringan tanaman melalui media daring maupun luring.  Oleh karena itu mereka sangat senang karena dapat melihat dan mempraktekkannya secara langsung.

“Sistem perbanyakan tanaman modern melalui teknik kultur jaringan tanaman adalah tantangan perkembangan teknologi yang banyak manfaatnya dan harus dapat dikuasai bahkan sejak usia dini. Semoga setelah besar mereka bisa kuliah di AET Unimal dan menjadi ahli bioteknologi tanaman yang handal,”  tutup Dr Rd. Selvy Handayani.

Kegiatan tersebut dibantu oleh Teknisi laboratorium Kultur Jaringan Tanaman, Humaira Meirina, Teknisi Laboratorium Agroekoteknologi, Zulfikar, dan para asisten laboratorium yaitu Nurisna, Indah Meutia, Khairini, dan Samuel. Kunjungan siswa SMPIT Madani Lhoksukon juga didampingi oleh kepala sekolah,  Mahdalena.[tmi]


Kirim Komentar