Pendaftaran SMMPTN Wilayah Barat 2021 Resmi Dibuka

SHARE:  

Humas Unimal
Pendaftaran SMMPTN wilayah Barat 2021 Resmi Dibuka. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat (SMMPTN-Barat) diluncurkan hari ini, Senin (17/5/2021) yang dipusatkan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

 

Kegiatan itu turut diikuti seluruh rektor perguruan tinggi negeri peserta SMM PTN-Barat dan publik melalui daring melalui link zoom dan youtube.

 

Tahun ini, SMMPTN-Barat diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Ketua Panitia SMM PTN-Barat, Prof Samsul Rizal MEng, mengatakan, tahun ini ada penambahan satu perguruan tinggi dalam SMM PTN-Barat, dan diharapkan kedepan semakin banyak kampus terkemuka di Indonesia bagian barat yang tergabung di SMM PTN-Barat.

Samsul menyebutkan, 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA, Serang, Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung, Universitas Bengkulu (Unib), Bengkulu, Universitas Riau (Unri), Pekanbaru, Universitas Jambi (Unja), Jambi, Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung, Institut Seni Indonesia (ISI), Padangpanjang, Universitas Palangka Raya (UPR), Palangkaraya, Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang, Universitas Bangka Belitung (UBB), Pangkalpinang, Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), Aceh, Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya 16, Universitas Samudra (Unsam), Langsa, dan Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta.

“Kegiatan launching ini juga dihadiri perwakilan bank mitra SMM PTN Barat yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI,” katanya.

Menurut Samsul, kehadiran Bank BSI pada kegiatan pendaftaran tahun ini merupakan bagian dari seruan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kinerja bank syariah di Indonesia dalam menjamin sistem perbankan yang islami. Apalagi di Aceh yang mulai diberlakukan Qanun Lembaga Keuangan Syariah.

“Jumlah prodi yang ikut serta dalam SMMPTN-Barat ini adalah 338 Prodi Saintek dan 237 Prodi Soshum. Kuota yang diterima dalam proses pendaftaran mandiri ini adalah 7.601 untuk Prodi Saintek dan 6.889 untuk Prodi Soshum,” tuturnya.

Sementara, Ketua BKS PTN Wilayah Barat, Prof Fatah Sulaiman menyatakan, jumlah uang pendaftaran yang dikeluarkan oleh setiap pendaftar adalah sebesar Rp 350 ribu dan berlaku seragam untuk seluruh PTN. Uang pendaftaran itu bersifat mutlak dan akan hangus meskipun calon mahasiswa tidak melanjutkan hingga taraf seleksi.

“Uang pendaftaran itu dibayar melalui bank mitra yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Prof Fatah Sulaiman, yang juga rektor Untirta menambahkan, ijazah yang akan digunakan oleh calon mahasiswa adalah lulusan tiga tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021), kecuali untuk Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Jambi (UNJA), dan Universitas Teuku Umar (UTU) bisa menggunakan ijazah lima tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021). Kemudian Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh bisa menerima ijazah untuk lulusan 10 tahun terakhir yaitu mulai 2012 hingga 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun. Selanjutnya Universitas Palangka Raya (UPR) bisa 3 tahun terakhir (2019, 2020 dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021) untuk fakultas lainnya.

“Metode ujian yang digunakan pada tahun ini sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu CAT (Computer Assisted Test), yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih Paper Based-Test,” jelasnya.

Selain itu, Koordinator TIK, Prof Taufik Fuadi Abidin, menyebutkan, sistem CAT memberikan keuntungan sehingga mengetahui hasil ujian dengan cepat, karena sistem komputer yang digunakan tersentralisasi dan lebih menjamin kepastian lulusan.

“Sistem CAT telah digunakan oleh LTMPT terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN selama tiga tahun terakhir dan dipuji banyak pihak mampu meminimalisasi human error,” ungkapnya.

Koordinasi Bidang Penjaminan Mutu, E.S. Halimi menyatakan, peserta ujian maksimal bisa memilih dua prodi baik pada satu PTN atau PTN yang berbeda. Peserta yang mendaftar dan ikut ujian tidak harus pada PTN yang dipilihnya. Misalnya peserta yang ikut ujian di Unsri tidak mesti harus memilih prodi yang ada di Unsri, tapi boleh di PTN lain dari 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat.

Lanjutnya, demikian pula kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi. Adapun kelompok ujian Soshum materi ujian TPS dan TKA-nya adalah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.

“Jadwal penting yang harus diingat oleh calon mahasiswa yang ingin mengikuti SMM PTN-Barat ialah pendaftaran dimulai 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB hingga 21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB. Kemudian pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat adalah pada 28 Juni hingga 7 Juli 2021. Pengumuman 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB,” paparnya.

Halimi menambahkan, meskipun terlihat jadwal pendaftaran cukup panjang, para peserta sudah bisa mendaftar pada awal waktu, untuk menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir.

“Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra,” tutupnya.[tmi]


Komentar

  • Avatar
    YUDHA 23 Mei 2021
    Cara pendaftaran mandiri unimal

Kirim Komentar