Peduli KRI Nanggala-402, Rektor Unimal Terima Penghargaan dari KSAL

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng (batik) dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono MM (kiri) dalam kegiatan peringatan 40 hari pahlawan KRI Nanggala-402 di Surabaya, Kamis (3/6/2021). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Surabaya – Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng menerima piagam penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono MM. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian kegiatan peringatan 40 hari Pahlawan KRI Nanggala-402 di Dermaga Madura, Mako Kaormada II, Surabaya, Kamis (3/6/2021).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh KSAL ini, tidak hanya diikuti oleh para prajurit, tetapi juga mengundang perwakilan keluarga dari 53 kru KRI Nanggala-402.

Dalam acara yang juga dilakukan do’a bersama kepada para kru yang telah gugur, Yudo mengatakan pihaknya akan membantu, mendukung, dan menjaga keluarga para kru KRI Nanggala-402.

“Dukungan penuh juga diberikan untuk pendidikan anak-anak kru kapal. "Khususnya putra -putri mereka akan diberikan beasiswa oleh pemerintah dari SD sampai S1 (sarjana)," ujarnya.

Yudo juga mengatakan bahwa tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402 akan menjadi evaluasi bersama oleh jajaran TNI AL dan pemerintah, khususnya Kementerian Pertahanan.

Sementara itu penghargaan diberikan kepada  Rektor Unimal terkait kepeduliannya terhadap keluarga pahlawan KRI Nanggala-402 yang gugur dalam bertugas beberapa waktu lalu. Sebagaimana diberitakan bahwa sebagai wujud dari tanggung jawab kebangsaan Universitas Malikussaleh menyatakan siap menerima anak-anak dari kru KRI Nanggala 402 yang ingin melanjutkan studi di Unimal dengan menyediakan asrama dan beasiswa selama menempuh pendidikan.

Saat itu, Rektor langsung mengirimkan surat perihal kesediaan Unimal kepada KSAL RI yang tembusannya juga dikirimkan kepada Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Nadiem A Makarim, dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

“Semoga penghargaan yang diterima ini bisa menjadikan semua sivitas akademika Universitas Malikussaleh memiliki rasa peduli terhadap sesama yang semakin baik,” ujar Herman.[ryn]


Kirim Komentar