Dandenpom IM/1 Lhokseumawe Raih Magister Hukum Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Komandan Detasemen Polisi Militer IM/1 Lhokseumawe, Letkol CPM Basuki Prijatmono SH, lulus sidang magister hukum di Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh di Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Jumat (11/6/2021). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lancang Garam – Komandan Detasemen Polisi Militer IM/1 Lhokseumawe, Letkol CPM Basuki Prijatmono SH, lulus sidang magister hukum di Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh dalam sidang yang berlangsung di Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Jumat (11/6/2021).

Dalam sidang tesis tersebut, Basuki memaparkan hasil penelitian dengan judul "Peran TNI Dalam Pemberantasan Terorisme Ditinjau dari Hukum Hak Asasi Manusia."

Basuki menyampaikan bahwa peran TNI dalam sistem hukum Indonesia terhadap pemberantasan terorisme hanya membantu kepolisian RI sebagai leading sektor.

Terorisme merupakan tindak pidana yang menimbulkan konsekuensi penegakan hukum yang penanganannya berada di lembaga Polri, “Sehingga kewenangan TNI tetap berlandaskan pada kebijakan dan keputusan politik negara sebagai wujud menghormati HAM,” papar Basuki.

Sidang tesis tersebut dibuka Ketua Program Studi Magister Hukum, Dr Yusrizal. Adapun komisi penguji terdiri dari Ketua Dr Mukhlis dan para anggota Dr Yusrizal, Dr Muhammad Nasir, Dr Elidar Sari, dan Dr Herinawati.

Dalam sidang tesis tersebut, Basuki telah mempertahankan hasil penelitiannya selama tiga bulan di hadapan penguji yang mengajukan sejumlah pertanyaan kritis. Pelaksanaan sidang tesis ini dilakukan setelah Basuki menempuh pendidikan di Magister Hukum Universitas Malikussaleh sejak September 2019.

Rekor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng, secara khusus mengucapkan selama kepada Letkol CPM Basuki Prijatmono yang telah lulus dalam sidang magister. Dengan keberhasilan tersebut, Basuki telah menjadi alumni Universitas Malikussaleh. “Saya berharap, Pak Basuki tetap membantu kemajuan Unimal di masa mendatang, di mana pun bertugas nantinya,” ujar Herman. [ayi]

Baca juga: Magister Hukum Unimal Laksanakan Temu Ramah Alumni dan Mahasiswa


Kirim Komentar