Dosen Unimal Ajak Anak-Anak Cintai Lingkungan Sejak Dini

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Lintas Fakultas Unmal Melaksanakan Pengabdian Kepada Kasyarakat dengan Menggelar Kegiatan Bertajuk English for Kids: Let's Keep Our Earth Green and Clean Bagi Anak-Anak di Gampong Jambo Timu, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Foto :Ist

Unimalnews | Lhokseumawe - Sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi, beberapa dosen Universitas Malikussaleh yang berasal dari beberapa fakultas melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di  Gampong Jambo Timu, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe beberapa  waktu lalu.

Kegiatan yang bertajuk English for Kids: Let's Keep Our Earth Green and Clean yang dilaksanakan di Rumah Baca Hasan-Savvas ini menyasar anak-anak usia sekolah dasar di Gampong Jambo Timu. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar bahasa Inggris mengenai lingkungan hidup kepada peserta sekaligus memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan.

Ketua pelaksana kegiatan,  Marina M Ed menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini diisi dengan memberikan materi bahasa Inggris dasar berupa  kosakata bahasa Inggris yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan menjaga kebersihan kepada anak-anak peserta kegiatan. Acara dikemas dengan menggunakan metode yang menyenangkan. “Kami mengajarkan perbendaharaan kata bahasa Inggris bertema lingkungan hidup melalui penggunaan flash card dan gambar. Selanjutnya anak-anak kami ajak menonton beberapa video tentang kebersihan lingkungan di beberapa negara lain”, ujarnya.  

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa dipilihnya Rumah Baca Hasan- Savvas di  Gampong Jambo Timu sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini dikarenakan lokasinya yang terletak di dekat pantai dan sering dijumpai sampah di sepanjang pantai seperti misalnya sampah plastik dalam bentuk botol dan sedotan minuman.  Dengan adanya pelatihan ini, selain belajar bahasa Inggris, anak-anak juga memperoleh sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup terutama kebersihan pantai dan diharapkan menanamkan kecintaan anak-anak terhadap lingkungan sejak usia dini.

Selain Marina MEd dari Fakultas Ekonomi, beberapa   dosen lain yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Fidyati M Ed dan Armelia Dafrina MT dari Fakultas Teknik, Idaryani MTesol dari Fakultas Hukum, dan Dewi Kumala Sari dari Fakultas Pertanian.

Pengelola Rumah Baca Hasan-Savvas, Zainah Rahmiati, menyambut gembira program yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Unimal ini sebagai upaya menunjang pemberantasan angka buta aksara dan keterpinggiran melalui kegiatan pendidikan dan pengembangan kapasitas dan wawasan di desa mereka. “Rumah Baca Hasan-Savvas sangat menyambut kerjasama dengan berbagai pihak seperti sekolah dan universitas untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti pengabdian masyarakat, penelitian, sosialisasi dan sebagainya bagi anak-anak, kaum ibu maupun bapak-bapak. Dan kami bisa dihubungi melalui Instagram @rumoh_baca_hs atau Facebook Rumoh Baca Hasan-Savvas”, tutupnya. (kur)


Kirim Komentar