Unimal Ubah Pelaksanaan Wisuda Jadi Drive Thru

SHARE:  

Humas Unimal
Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas Malikussaleh, Dr T Nazaruddin. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh resmi merilis jadwal dan metode wisuda Angkatan XXVI. Wisuda tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu tanggal 31 Juli 2021 dengan metode drive thru.

Pilihan metode drive thru memang berbeda dengan rencana awalnya yaitu dilakukan secara hybrid. Hal ini disebabkan masih belum memungkinkannya dilakukan pengumpulan massa untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, Teuku Kemal Fasya MHum, kepada Unimalnews, Jum’at (23/7/2021) mengatakan bahwa pilihan dengan drive thru ini diambil karena melihat perkembangan situasi dan kondisi saat ini. 

Jika dilakukan dengan cara hybrid, tidak kurang akan ada 100 orang lebih yang akan dikumpulkan dalam satu tempat dalam waktu kurang lebih selama empat jam. “Hal ini tentu tidak sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi ini,” ucapnya.

Metode drive thru akan membutuhkan waktu yang lebih singkat,  yang mana para wisudawan akan turun sebentar mengikuti prosesi pemindahan toga dan pengambilan duplikat ijazah saja.

“Untuk menghilangkan atau meniadakan wisuda sama sekali juga bukan pilihan yang tepat, karena akan menyebabkan terjadinya penumpukan jumlah wisudawan pada gelombang berikutnya,” terang Kemal.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem Informasi, (Ka BAAKPSI), Dr  T Nazaruddin menyatakan bahwa Unimal siap untuk melakukan model wisuda drive thru. “Ini akan menjadi pelaksanaan yang ketiga kalinya dengan model ini. Pertama kali Unimal melaksanakan wisuda dengan model drive thru adalah pada November 2020,” ujanya.

Sebanyak 395 orang wisudawan akan mengikuti proses wisuda yang akan dilaksanakan pada 31 Juli 2021. “Para peserta wisuda akan dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan, yaitu sesi pagi yang diikuti 198 orang dan sesi siang yang diikuti 197 orang,” tutup Nazar.


Kirim Komentar