Kejar Prestasi, Unimal Laksanakan Diklat MTQ Mahasiswa

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh bersama peserta diklat MTQ Mahasiswa di Aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah, Lhokseumawe. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh melalui Bidang Kemahasiswaan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) bagi mahasiswa yang akan mengikuti seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN). Pembukaan diklat ini dilaksanakan di Aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah, Lhokseumawe, Rabu (4/8/2021).

Ketua Pelaksana diklat, Dr Yusrizal mengatakan bahwa diklat ini akan dilaksanakan selama tiga bulan. Diklat tersebut meliputi beberapa cabang yang diperlombakan dalam MTQ Mahasiswa yaitu kaligrafi, Khattil Qur’an, Tilawah Qur’an, Tahfiz Qur’an, Syarhil Qur’an, dan Fahmil Qur’an.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut berpesan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti diklat agar bisa berprestasi dan membawa harum nama Universitas Malikussaleh. “Unimal pernah menjadi juara umum MTQMN pada tahun 2009, kita berharap hal tersebut bisa kita ulang kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Baidhawi, menyampaikan, bahwa seleksi peserta dilakukan mulai di tingkat fakultas dan lanjut kegiatan MTQ di tingkat Universitas. Kegiatan tersebut telah dilakukan di tahun 2020. Pada tahun 2021 ini, dilakukan diklat untuk melatih dan mengasah kemampuan mahasiswa agar lebih siap tampil di tingkat nasional,” ucapnya.

Pada tahun 2019 Unimal berhasil meraih juara di cabang Hifdzil Qur'an 5 juz dan Khat. Tahun ini kita berharap bisa lebih banyak lagi finalis dari Unimal. “Pada pelaksanaan MTQMN Tahun 2019, Unimal tidak mengirimkan peserta di cabang hifdzil 30 Juz. Alhamdulillah tahun ini Unimal siap mengirimkan peserta Hifdzil  Qur’an 30 juz untuk putra dan putri,” pungkasnya.[ryn]

 


Kirim Komentar