Ini Persiapan Prodi Ilmu Kelautan Unimal Hadapi Asesmen Akreditasi

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Erniati, Ketua Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Malikussaleh akan menjalani asesmen lapangan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara daring, pada Rabu dan Kamis (6-7/10/2021).

Program studi yang mendapat izin pada tahun 2016 dan menerima mahasiswa pertama kali pada tahun 2017 ini akan menjalani penilaian dari evaluasi pelaksanaan program pendidikan yang dikelompokkan ke dalam sembilan standar.

Adapun sembilan standar itu adalah 1)visi, misi, tujuan, dan strategi, 2)tata pamong, tata kelola, dan kerja sama, 3)mahasiswa, 4)sumber daya manusia, 5)keuangan, sarana, dan prasarana, 6)pendidikan, 7)penelitian, 8)pengabdian kepada masyarakat, dan 9)luaran dan capaian tridarma. “Sesuai dengan karakteristiknya, penilaian akreditasi program studi lebih menitikberatkan pada aspek kebijakan teknis, pelaksanaan, pengendalian mutu akademik dan ketercapaian capaian pembelajaran lulusan,” ujar Ketua Prodi Ilmu Kelautan, Dr Erniati.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam asesmen nantinya, Prodi Ilmu Kelautan telah melakukan berbagai persiapan antara lain, menyiapkan borang penilaian sembilan standar, pengambilan video fasilitas perkuliahan, laboratorium dan praktik lapangan yang akan ditampilkan untuk dilihat oleh para asesor.

Dalam asesmen itu, yang bertindak sebagai asesor adalah Prof Dr Hilal Anshary dari Universitas Hasanuddin dan Prof Dr Wildanarni dari Institut Pertanian Bogor. [ryn]


Kirim Komentar