Dosen Unimal Fasilitasi Kader Pengawas Pemilu Keterampilan Menulis

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Antropologi Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya ketika menjadi narasumber SKPP Panwaslih Aceh.Foto; Ahmad Al Bastin

UNIMALNEWS | Takengon – Sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan Kader Pengawas Partisipatif bentukan Panwaslih Aceh, dosen Antropologi Unimal, Teuku Kemal Fasya, melakukan pelatihan menulis. Kegiatan itu dilaksanakan di Takengon, Sabtu (23/10/2021). 

Menurut komisioner Panwaslih bidang Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Marini, kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif ini, dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam melakukan upaya pendampingan dan pendidikan politik dan kepemiluan kepada masyarakat. Para kader muda tersebut rata-rata merupakan mahasiswa tingkat akhir dan ada juga lulusan baru (fresh graduate).

Kegiatan yang dilaksanakan di sebuah hotel di tepi Danau Lut Tawar tersebut diikuti oleh 30an peserta yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Aceh seperti dari Aceh Utara, Aceh Barat Daya, Banda Aceh, Lhoseumawe, dsb. Pada kegiatan tersebut, Teuku Kemal Fasya, mengajarkan kiat-kita dalam menulis, yang dimulai dengan keterampilan untuk mempublikasi artikel di media massa. “Syarat-syarat menulis di media massa adalah kejelian untuk memilih tema yang tidak menyakiti perasaan publik atau hate speech dan mencari dimensi publicness, dan bukan seperti tulisan di diari atau laporan yang dibaca terbatas”, ungkapnya.

Saat pertemuan tersebut, peserta antusias untuk menanyakan trik-trik untuk tembus di media massa dan cara untuk mengembangkan ide dalam sebuah artikel. Acara pelatihan sesi tersebut dipandu oleh fasilitator yang juga komisioner Panwaslih Aceh Barat, Marzalita.[ryn]


Kirim Komentar