Di Hadapan KSAD, Rektor Unimal Paparkan Pendidikan Harapan

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan cendera mata kepada Rektor Universitas malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra dalam pertemuan di Mabes TNI AD di Jakarta, Selasa (26/10/2021). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Jakarta - Pendidikan adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan derajat seseorang. “Tidak ada jalan lain untuk membangun optimisme selain dengan memajukan pendidikan harapan (pedagogy of hope),” begitulah kalimat pembuka Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra ketika mempresentasikan tentang Pendidikan Harapan bagi Indonesia di hadapan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, di Markas Besar TNI di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Hadir dalam Pertemuan itu dari unsur Pimpinan Mabes TNI AD adalah Wakasad, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari; Irjenad, Letjen TNI Benny Susianto; Aspers Kasad, Mayjen TNI Wawan Ruswandi; Aster Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto; dan Waaster Kasad Bidang Wanmil dan Kermater, BrigjenTNI Donni Hutabarat.

Dari Unsur Komando Utama (Kotama) yang hadir adalah Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Marzuki; Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro; dan Aster Kasdam Iskandar Muda, Kolonel (Inf) Robby Suryadi.

Sedangkan Rektor Universitas Malikussaleh didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi.

Dalam kesempatan itu juga Herman menyampaikan bahwa pendidikan harapan ini harus diperluas kepada anak bangsa yang berada di daerah 3 T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). “Saat ini ada program beasiswa yang bernama Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) yang disediakan Kemendikbudristek bagi anak-anak di daerah 3 T, Papua, Papua Barat,” jelasnya.

Unimal sebagai kampus inklusif yang terbuka bagi semua anak negeri dengan tetap menjunjung tinggi adat istiadat lokal yang berkomitmen mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan berkualitas dan memiliki kompetensi tinggi. “Unimal berkhidmat bagi negeri dengan cara  memberikan kesempatan lebih luas kepada anak-anak dari daerah 3T untuk mengecap pendidikan tinggi di Aceh, ujar Herman.

Sementara itu, Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut baik atas paparan yang disampaikan oleh Rektor Unimal. “Cara ini sangat baik untuk menjemput anak-anak di daerah Papua, Papua Barat, dan 3T  untuk bisa melanjutkan studi mereka,” ucapnya.

Kasad merasa termotivasi untuk bisa mewujudkan pendidikan harapan ini, sehingga langsung menanyakan kesiapan Kodam Iskandar Muda dan Korem 011/Lilawangsa untuk pelaksanaan kegiatan ini, karena nantinya untuk eksekutor kegiatan ini adalah Kodam dan Korem bersama Unimal.

Kasad juga meminta Rektor Unimal untuk mempersiapkan diri, karena akan diundang lagi nantinya lewat Zoom untuk mempresentasikan di hadapan Keluarga Besar TNI  (KBT) terkait program studi yang ada di Unimal.

“Kita juga berharap bahwa program pendidikan harapan ini bisa juga didapatkan oleh KBT, khususnya keluarga Bintara dan Tamtama yang bertugas di daerah 3T, pungkas Jenderal Andika.[ryn]

 


Kirim Komentar