Dosen Unimal Sampaikan "Keterampilan Berkomunikasi" kepada Kader Anti Narkoba

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, Muchlis MSos ketika menjadi narasumber tentang keterampilan berkomunikasi. Foto;Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dosen Universitas Malikussaleh dari jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, Muchlis M Sos, memberikan materi tentang keterampilan berkomunikasi kepada remaja teman sebaya anti narkoba di Kota Lhokseumawe, Jumat (29/10/2021). 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe tersebut bertujuan untuk membekali para remaja yang menjadi kader anti  narkoba agar mampu berkomunikasi dengan baik dalam upaya mengajak teman sebaya di lingkungan masing-masing untuk menjauhi narkoba.

Dalam paparannya, Muchlis menyampaikan, bahwa keterampilan dalam berkomunikasi mutlak diperlukan. Karena kemampuan berkomunikasi dengan baik menjadi sarana dalam memengaruhi dan mengajak orang lain untuk mau mengikuti langkah ebagaimana diharapkan.

,"Untuk mengasah ketrampilan berkomunikasi, setidaknya memiliki enam kemampuan, di antaranya kemampuan berbicara dengan baik, kemampuan berbahasa tubuh, menulis, presentasi dan kemampuan mendengarkan lawan bicara serta kemampuan bernegoisasi," terang dosen Ilmu Komunikasi itu.

Selanjutnya, Muchlis mengatakan bahwa untuk meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi perlu juga dilakukan enam upaya yaitu, atasi rasa cemas ketika ingin berbicara, mengetahui siapa lawan bicara, atur materi dengan baik dan benar, evaluasi dari setiap timbal balik saat berbicara, menyisipkan humor, dan kata efektif saat berbicara serta tetap menjadi diri sendiri.

Para peserta yang merupakan kaum remaja terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan melontarkan banyak pertanyaan tentang bagaimana membangun kemampuan berkomunikasi dengan baik. 

Sementara itu, Sub koordinator P2M BNNK Lhokseumawe, Muhammad Ikbal berharap dengan adanya materi tentang penguatan komunikasi, akan lebih memberikan arah bagi kelompok remaja sebaya  dalam menyampaikan maksud dan tujuan tentang bahaya narkoba kepada kelompok remaja di lingkungan mereka masing-masing, terangnya.[ryn]


Kirim Komentar