Mahasiswa KKN-MK K 80 Lakukan Dampingan di Posbindu di Kecamatan Kota Juang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa melakukan registrasi pasien di Posbindu Gampong Pulo Kiton, Bireuen. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Bireuen - Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) Kelompok 80 Universitas Malikussaleh melakukan pendampingan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Gampong Pulo Kiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, pada Jumat (29/10/2021)

Kegiatan ini dilakukan bersama Kader Posyandu masyarakat setempat di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dr Teuku Ilhami Surya Akbar, MBiomed. Kegiatan Posbindu ini dilaksanakan di halaman Meunasah Gampong Pulo Kiton, dari pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Peserta dari kegiatan Posbindu ini pun didominasi oleh masyarakat lansia dari Gampong Pulo Kiton.

Menurut Muhammad Juanda Arif, ketua KKN-MK Kelompok 80, berbagai fasilitas pelayanan dasar kesehatan disediakan oleh kader Posbindu Gampong Pulo Kiton, di antaranya pemeriksaan gula darah dan Hemoglobin (Hb) pada sel darah, serta pemeriksaan asam urat. Kegiatan Posbindu ini dipimpin langsung oleh bidan Gampong Pulo Kiton, Dian Herisa, Amd Keb dan dibantu mahasiswa KKN.

Proses pelaksanaan Posbindu ini diawali dengan mengambil nomor antrian agar  terlaksana dengan tertib dan aman. Kemudian mengisi daftar nama dilanjutkan dengan cek berat badan dan tensi darah. Pada proses registrasi awal yaitu cek berat badan (BB) dan cek tensi darah diarahkan langsung oleh Muhammad Juanda Arif, kemudian dibantu oleh sembilan anggota mahasiswa lainya untuk diarahkan ke pihak kader Posbindu. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar