Rektor Unimal Sampaikan Etos Kepemimpinan pada Era Milenial di Unkhair

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal, Herman Fithra, menyampaikan etos kepemimpinan di era milenial di Universitas Khairun, Ternate. Foto : Teuku Kemal Fasya

UNIMALNEWS | Ternate – Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Ir Herman Fithra, sampaikan etos kepemimpinan pada era milenial di depan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Khairun (Unkhair) pada Jumat (5/11/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja sama dengan kampus yang dinegerikan bersama Unimal pada 2001.

“Nilai leadership tetap menjadi hal yang penting dalam membangun upaya kesuksesan di masa depan. Mahasiswa Teknik tidak cukup dibekali dengan kemampuan teknik saja, tapi juga keterampilan dan pengetahuan lain, termasuk kemampuan berkomunikasi dan memimpin. Ketika kalian nanti turun ke lapangan dalam menangani proyek, yang terpenting adalah bagaimana kalian bisa bertemu dan membangun kemufakatan dengan masyarakat,” ungkap Herman.

Herman Fithra mengatakan, bagi mahasiswa Teknik, kemampuan kepemimpinan adalah bagian untuk melebur dan bersosialisasi di tengah masyarakat yang majemuk. Mahasiswa Teknik dengan sistem kurikulumnya, cenderung menjadi kaku dengan epistemologi eksaknya. “Saya akui, bahwa kalau hanya mengandalkan ilmu Teknik, saya tidak akan bisa melangkah jauh. Jadi saya juga belajar pengetahuan sosial dan komunikasi, agar kita bisa menjadi pemimpin di era sekarang. Itu pula semangat Kampus Merdeka Merdeka Belajar yang dipelopori oleh Mas Menteri untuk membentuk karakter mahasiswa generasi Z,” tambahnya lebih lanjut.

Kegiatan seminar yang dilakukan di gedung Fakultas Teknik itu juga dimeriahkan dengan kuis, dengan pertanyaan terhadap tokoh-tokoh yang pernah menjadi pemimpin di masa lalu. Acara seminar ini dimoderatori oleh Ahmad Seng, mantan Dekan Teknik Unkhair dan juga mantan Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia [tkf]

 


Kirim Komentar