Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh Edukasi peternak Lebah Trigona (Linet)

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh Edukasi peternak Lebah Trigona (Linet). foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Ridho Hafis, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh memberikan edukasi kepada peternak Trigona di Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Jumat (5/11/2021).Kegiatan itu sebagai bentuk pengabdian bersama dosen Fakultas Teknik Unimal.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh dosen dari Fakultas Teknik yaitu Muhammad MEng, Reza Putra MEng dan Dr Muhammad MSc. Kegiatan tersebut mengusung tema “Pemberdayaan Peternak Lebah Trogina” di Kecamatan Muara Dua.

Muhammad MEng mengatakan, Ridho Hafis memiliki pengetahuan yang luar biasa tentang budidaya lebah trigona, bahkan di hadapan peserta dan dia sangat mudah menyampaikan teknik split lebah linot dengan bekal pengalaman yang dia miliki sebagai peternak Linot yang sudah sukses.

“Dengan meyakinkan, di hadapan Ketua Komunitas Linet Aceh, Om Jol Linet, tanpa rasa grogi sedikitpun menjelaskan materi walau tanpa Power Point,” katanya

Menurut dosen Fakultas Teknik, Muhammad MEng, mahasiswa asal  Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Batusangkar Sumatera Barat itu merupakan mahasiswa bidikmisi semester VII.  Berkat pengetahuan dan pengalaman di bidang ini, sekarang  dia memiliki sekitar 50 Hive (koloni) linot jenis itama yang dikembangkan di kampungnya di Sumatera Barat dengan omset jutaan rupiah perbulan dari hasil penjualan madu.

“Ridho yang keseharian pemalu ternyata memiliki jiwa wirausaha selalu mencari sarang linot di seputaran kampus untuk ditangkar dan diserahkan ke masyarakat yang mau berternak di bidang ini,” ungkap  Muhammad yang juga dosen wali Akademik Ridho.

Tambahnya, saat ini Ridho sedang dalam masa kerja praktek dan rencana akan mengambil Skripsi tentang Modifikasi dan Desain Mesin Pompa Vakum yang dapat digunakan  sebagai alat panen Lebah linet dan alat cetak komposit vacuum bagging.

“Dalam kegiatan ini Ridho menyampaikan siap datang ke Lokasi peternak untuk membantu peternak dalam permasalahan Budidaya Linet ini,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar