Ini Program Literasi Teknologi Kelompok 148 KKN Unimal di Padang Sakti

SHARE:  

Humas Unimal
Ini Program Literasi Teknologi Kelompok 148 KKN Unimal di Padang Sakti. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Di era globalisasi dewasa ini, hampir semua pekerjaan dilakukan dengan  menggunakan teknologi, termasuk teknologi komputerisasi. Keahlian dalam pengoperasian komputer sangatlah penting dikuasai oleh berbagai pihak, termasuk anak-anak usia sekolah dasar.

Hal ini mendorong mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Skema Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan program pembelajaran komputer untuk anak-anak usia sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di balai pengajian Dusun Tgk. Di Panyang, Gampong Padang Sakti Kecamatan Muara Satu Lhokseumawe pada Selasa (02/11/2021).

Kegiatan belajar diikuti oleh tujuh orang peserta yang merupakan anak-anak warga dusun Tgk. Di Panyang dan media belajar yang digunakan adalah laptop para anggota KKN.

Anak-anak peserta kegiatan  merasa gembira dan antusias saat diperkenalkan dengan komputer.  Mereka mempelajari tentang bagian-bagian komputer dan kegunaan  komputer dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Kelompok 148, Alan Naluri Laksana menjelaskan tujuan dari di laksanakannya belajar komputer ini yaitu untuk memperkenalkan penggunaan komputer kepada anak-anak. "Tujuan kami membuat program belajar komputer ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu untuk memperkenal kan perangkat komputer kepada anak-anak, dan selanjutnya rencana kami akan terus melanjutkan program ini sampai masa KKN kami selesai”, ujarnya.

Selain Alan Naluri Laksana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai ketua kelompok,  Kelompok 148 juga beranggotakan Anisatun Rohmah, Aria Fahmi, Mirna Susanti, Siti Suciana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Cut Riski Miliya, Susi Yanti, Sri Widia Santika (Fakultas Teknik), dan Yulia Andriani (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Sedangkan yang menjadi dosen pembimbing lapangan adalah Kurniawati MA.

Kurniawati menilai kegiatan yang dilaksanakan Kelompok 148 ini menyasar peserta yang tepat.  “Dengan pengenalan teknologi komputer di usia dini, diharapkan anak-anak akan memiliki tingkat penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik sebagai salah satu skill yang sangat penting untuk masa depan mereka,” pungkasnya. [ded]


Kirim Komentar