Mahasiswa KKN-PPM 225 Mengadakan Tempat Sampah Permanen

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 225 mengadakan tempat sampah dari cincin sumur di Cot Suwe Gampong Padang Sakti, Lhokseumawe. Foto : Ist

UNIMALNEWS| Lhokseumawe - Untuk menjaga kebersihan gampong, mahasiswa KKN Kelompok 225 Universitas Malikussaleh mempersiapkan tempat sampah permanen di ruang publik. Peletakan tempat sampah itu dilakukan di Dusun Cot Suwe Gamping Padang Sakti, Lhokseumawe. Senin (9/11/2021).

Menurut Kepala Dusun Cot Suwe, Jamali, permasalahan mengenai sampah merupakan hal yang sangat membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekitar karena untuk saat ini sampah masih menjadi persoalan yang mendapati kegagalan dalam hal penanganan. Berdasarkan hasil pengamatan salah seorang peserta KKN, Muhammd Chairul  Anam, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, bahwasanya masih banyak terdapat sampah yang berserakan di dusun Cot Suwe terkhusus di pinggiran jalan dusun tersebut. Oleh karena itu kelompok 225 mempunyai ide untuk membuat program pembuatan dan penempatan tempat sampah agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya.

Dalam program kerja ini, kelompok 225 membuat tempat sampah permanen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Menurut Chairul. tempat sampah ini dibeli dengan harga Rp120 ribu dengan cat.

Kegiatan ini dilakukan pada minggu ke dua KKN berlangsung, mulai dari pemasanan bahan yang dibutuhkan, lalu melakukan  pemasangan tempat sampah sampai pada tahap akhir yaitu melakukan pengecatan pada tempat sampah yang dibuat. Tempat sampah yang kami tempatkan tersebut sebanyak 3 buah. "Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah dalam menjangkau tempat sampah serta tidak membuang sampah sembarangan lagi," ungkap ketua kelompok KKN 225, Fajar TRi Cahyadi.


Kirim Komentar