Tiga Dosen Teknik Bantu Modal Usaha Bagi Pemuda Putus Sekolah

SHARE:  

Humas Unimal
Tiga dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh memberikan modal usaha sekaligus pendampingan bagi pemuda putus sekolah di Gampong Keutapang Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Program pengabdian kepada masyarakat bisa dilakukan dengan kegiatan yang berdampak kepada pengurangan pengangguran sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicontohkan tiga dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal).

Mereka memberikan pendampingan dan bantuan modal usaha berupa bibit ayam kampung unggul untuk pemuda Gampong Keutapang Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.

Selain memberikan bibit ayam kampung unggul, ketiga dosen juga memberikan pedampingan agar pembibitan tersebut memberikan hasil bagi pemuda putus sekolah. Ketiga dosen tersebut adalah Soraya Masthura Hassan, ST. M.Sc dari Program studi Arsitektur yang juga ketua tim pengabdian kepada masyarakat serta dua anggota, Samsul Bahri, M.Pd dan  Asmaul Husna, M.Pd.

Menurut Soraya Masthura Hassan, program tersebut dilaksanakan untuk mengurangi pengangguran pemuda putus sekolah. Untuk itu, “Kami mengadakan pendampingan dan  memberikan bantuan bibit ayam kampung unggul satu kotak atau sebanyak 100 ekor,” ungkapnya, belum lama ini.

Selain bantuan 100 ekor bibit ayam, lanjut Soraya, mereka juga memberikan pakan, vaksin, dan vitamin bagi ternak unggas. Bentuk bantuan modal dan pendampingan mereka lakukan karena pemuda putus sekolah mendapatkan modal awal dan bisa belajar membudidayakan ayam sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.

Anggota tim pengabdian, Samsul Bahri, menambahkan selain mensosialisasikan dan memberikan bantuan bibit serta pakan, tim pengabdian juga melatih dan mendampingi para pemuda tentang cara membuat pakan fermentasi dedak sehingga kandungan mineral dan protein meningkat.

“Dengan demikian, mereka tidak lagi bergantung pada pakan pabrik. Selain bisa menghemat pakar, mereka juga bisa menjaga kualitas pakan,” tambah Samsul.

Kegiatan pengabdian ini dihadiri pemuda putus sekolah dan aparatur Gampong Keutapang.  M Rani, salah satu aparatur Gampong Keutapang, mendukung sepenuhnya kegiatan pengabdian bagi masyarakat. Menurutnya, bantuan modal usaha dan pendampingan serta pelatihan, akan memberikan dampak jangka panjang terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada disampaikan Junaidi yang juga aparatur umum Gampong Keutapang. Ia berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan melalui program-program yang dapat meningkatkan taraf ekonomi, pengetahuan, serta motivasi pemuda kususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Pemuda putus sekolah rentan dengan pengaruh narkoba sehingga subyek yang dipilih dosen Unimal sangat tepat. Kami sangat berterima kasih kepada dosen Fakultas Teknik Unimal,” kata Junaidi. [ayi]

 


Kirim Komentar