Mahasiswa KKN 220 Melakukan Kerja Bakti Sosial di Paloh Igeuh

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 220 Melakukan Kegiatan Kerja Bakti Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan

UNIMALNEWS | Dewantara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 220, kali ini mengadakan kegiatan pembersihan lingkungan di Kawasan Dusun Darul Aman, Gampong Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (10/11/2021).

Ketua kelompok KKN-PPM 220, Irvan mengatakan, Pembersihan dilakukan dalam rangka menjaga Kesehatan masyarakat dari bahayanya demam berdarah serta sanitasi yang sering diabaikan. Melihat warga yang masih acuh tidak acuh dalam penanganan kebersihan membuat kelompok KKN-PPM ini tergerak untuk memberikan arahan mengenai Kesehatan yang saat ini sering diabaikan.

“Kesehatan sangatlah mempengaruhi kondisi fisik masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi  covid-19 seperti ini. Maka dari itu saya dan rekan-rekan saya yang lainnya mengadakan pembersihan lingkungan untuk mengurangi dampak dari masalah ini,” katanya.

Irvan menyebutkan, kegiatan ini diterima baik oleh masyarakat sehingga memudahkan kelompok KKN-PPM 220 dalam melakukan sosialisasi. Masyarakat juga bergerak dalam menangani kondisi lingkungan yang saat ini sedang dalam masa penanganan covid-19.

“Kami disini juga berusaha dalam menjaga lingkungan tetap bersih, karena dampak covid dan juga masalah penyakit lainnya yang mungkin saja timbul karena adanya penumpukkan sampah,” ungkap Maimun Fadli selaku Kepala Dusun Darul Aman seperti dikutip Irvan.

Lanjutnya, selama proses berlangsung, baik warga maupun mahasiswa bekerjasama dalam membersihkan sampah yang berserakan di setiap tepi jalan di Dusun Darul Aman. Sampah tersebut sangat bervariasi, dari sampah makanan sampai limbah perumahan.

“Seluruh sampah yang sudah dikumpulkan lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah yang berada di Desa Paloh Igeuh. Kelompok KKN-PPM 220 juga memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus menjaga Kesehatan dan kebersihan pada lingkungan Dusun Darul Aman,” tutupnya.

Kelompok KKN-PPM 220 terdiri dari Irvan Fatur Rahman (Teknik Elektro) selaku ketua, Riana Syahputri, Safrida Yani (Teknik Mesin), Iqbal Ramadani, Adrian Khalis, Renny Syahwana Harahap, Zahara Yanti, Noviza (Ilmu Komunikasi), Serta Hafiz Afandi Pasaribu dan Elpridayanti Berutu (Agroeteknologi) selaku anggota.[tmi]


Kirim Komentar