Dosen Unimal Latih Masyarakat Olah Ikan Bandeng

SHARE:  

Humas Unimal
Anismar, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unimal melakukan pelatihan pengolahan ikan bandeng kepada masyarakat. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan lmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pantai Pulau Seumadu Gampong Bathupat Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (13/11/2021).

Pengabdian yang dilaksanakan oleh Anismar MSi itu adalah pelatihan pengolahan ikan bandeng presto. Adapun kelompok masyarakat yang menjadi peserta pelatihan adalah kelompok ibu rumah tangga dan kelompok pemuda karang taruna.

Pelatihan ini menghadirkan Harinawati MSi sebagai narasumber. Harinawati merupakan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang baru saja mendapatkan Sertifikat Kompetensi Kewirausahaan Industri Jenjang IV yang diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Menurut Anismar, dipilihnya pengolahan ikan bandeng dalam pelatihan itu adalah karena angka permintaan akan ikan bandeng cukup tinggi, sehingga diperlukan variasi dalam menghidangkannya sebagai bahan makanan. “Saat ini, ikan bandeng masih dihidangkan dalam bentuk konvensional, yakni dihidangkan setelah digoreng atau dicampur dengan lado, Dengan dilakukan pengolahan presto, maka tulang-tulang ikan bandeng yang halus-halus itu bisa tidak menganggu lagi ketika dikonsumsi,” terangnya.

Dalam peyampaiannya Harinawati meyebutkan bahwa saat ini, olahan bandeng cukup memiliki potensi pasar yang cukup baik. “Kesukaan akan olahan ikan termasuk bandeng di masyarakat mengalami peningkatan yang sangat siginifikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dalam  pelatihan itu juga dilakukan pengenalan implementasi teknologi alat pengolah ikan bandeng serta cara mempraktikkannya.[ryn]


Kirim Komentar