Mahasiswa KKN 85, BPBD dan Tim SAR Evakuasi Korban Banjir di Matangkuli

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 85, BPBD dan Tim SAR Evakuasi Korban Banjir di Matangkuli

UNIMALNEWS | Lhoksukon  - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 085 Universitas Malikussaleh bersama  BPBD dan SAR Aceh Utara membantu mengevakuasi  masyarakat yang terdampak banjir di Gampong Tanjong Haji Muda Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Jumat (12/11/2021). Kelompok KKN tersebut dibawah bimbingan, Dr Zulnazri.

Ketua kelompok KKN, Muhammad Ali mengatakan, pada hari kamis di pagi hari sekitar jam 4 pagi hujan yang begitu lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir di Tanjong Haji Muda.  Kelompok KKN 85 bersama dengan BPBD Aceh Utara dan tim SAR berusaha untuk membantu masyarakat yang terkena banjir.

“Banyak anggota dari BPBD Aceh Utara dan Tim SAR yang datang untuk membantu serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terendam banjir,” katanya.

Menurutnya, ada 4 gampong yang terendam banjir yaitu Gampong Tanjong Haji Muda ,Gampong Siren Gampong Meunye, serta Gampong Lawang. Banjir yang saat ini memang tidak terlalu parah tetapi sangat merugikan masyarakat karena sedang panen di sawah.

“Banjir yang terjadi 2 hari , yaitu hari kamis dan jumat, pada hari jumat air sungai mulai naik sehingga masyarakat sangat gundah karena sebahagian harus untuk mengungsi di tempat yang tinggi.kemudian bagi masyarakat yang mempunyai tempat yang tinggi atau rumah maka lebih memilih untuk tetap di rumah tidak mencari tempat yang lebih tinggi,” ungkap Ali.

Ali menyebutkan, banjir di gampong tersebut sudah sering terjadi, sehingga geuchik setempat membagikan perahu satu rumah satu orang untuk dapat digunakan sehingga masyarakat tidak khawatir  ketika mau mengungsi.

“Kami kelompok KKN 85 membantu warga gampong tanjong haji muda untuk mengangkat barang-barang masyarakat ketempat yang lebih tinggi, supaya tidak terkena arus banjir.dan juga membantu warga mendorong sepeda motor saat banjir, serta membantu dalam evakuasi warga untuk mengungsi ketempat yang lebih aman seperti lansia, anak-anak serta ibu-ibu hamil,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar