Dosen Unimal Sosialisasi Signage

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Prodi Arsitektur, Unimal sosialisasi signage signage sebagai elemen perancangan kota, di Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.Foto.Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe-Dosen Prodi Arsitektur, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, melakukan sosialisasi signage sebagai elemen perancangan kota untuk peningkatan citra kota, Rabu(17/11/2021). Kegiatan berupa pengabdian dosen yang dilaksanakan di Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe itu bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat agar mereka mengenal jenis dan fungsi dari signage sehingga mampu mengidentifikasi signage pada kawasan.

Ketua tim pengabdian dosen, Yenny Novianti MT mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dirinya bersama dua orang rekan dosen Prodi Arsitektur, masing-masing Erna  Muliana MS dan Dela Andriani MT juga menghadirkan pemateri yang merupakan pakar signage, seperti Adi Safyan MSc. “Kegiatan ini ada dua pemateri, pertama saya sendiri dan kedua pak Adi Safyan,”katanya.

Menurut Yenny, kegiatan yang dilaksanakan dalam tiga sesi itu dilatarbelakangi akibat perancangan kota tidak memberikan citra visual yang baik, tidak memiliki identitas terhadap penanda ataupun penunjuk arah, baik sebagai identifikasi maupun orientasi (wayfinding), sehingga kota terbentuk tanpa penanda spasial yang jelas.

Yenny menambahkan bahwa signage merupakan salah satu elemen penting pembentuk suatu kawasan, bila tidak ditangani dengan baik menimbulkan ketidakteraturan visual suatu kawasan. Penanganan dilakukan dengan cara penataan signage, sehingga identitas suatu kawasan dapat menjadi ciri khas yang konsisten secara keseluruhan. Penataan signage juga tidak terlepas dari peraturan dan ketentuan yang berlaku serta tetap mempertimbangkan kesesuaian karakter dan identitas kawasan sehingga mampu menambah kualitas visual kawasan tersebut. “Kegiatan sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat dan aparatur gampong,” pungkasnya.[ded]

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar