Ikan Bandeng Presto Kiat Meningkatkan Ekonomi Keluarga

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal melaksanakan pelatihan inovasi pengolahan ikan bandeng presto bagi masyarakat Gampong Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.Foto:Ist

UNIMALNEWS I Lhokseumawe– Untuk meningkatkan pengetahuan dan memotivasi masyarakat agar mau berwirausaha, beberapa dosen Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam tim pengabdian dosen PNBP melaksanakan pelatihan inovasi pengolahan ikan bandeng presto bagi masyarakat Gampong Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kegiatan pengabdian yang bertajuk, “inovasi pengolahan manajemen produksi ikan bandeng presto dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sambut antusias oleh masyarakat setempat.

Ketua tim pengabdian  masyarakat, Maryana MSi mengatakan ada harapan yang kuat bagi timnya dalam melaksanakan pelatihan pengolahan ikan bandeng presto. Setidaknya masyarakat punya pengalaman dan pengetahuan baru yang nantinya akan termotivasi untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan berwirausaha. “Kita coba dengan sedikit inovasi dalam pengolahan ikan bandeng presto, agar ibu-ibu di Gampong Cot Girek Kandang, terbuka wawasannya.”katanya.

Maryana menambahkan penerapan inovasi dalam pengolahan ikan bandeng presto merupakan bagian dari upaya menggerakkan kaum hawa agar giat berusaha guna membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Sedangkan pemilihan ikan bandeng sebagai bahan inovasi timnya yang terdiri dari  Fatimah MT, Eva Darnila MT, Zuraida, MA, dan Ir Muhammad MT lebih disebabkan ikan ini dikenal sebagai species ikan yang sangat banyak durinya. Di sisi lain, ikan ini juga mengandung sumber protein hewani yang tinggi, menyediakan vitamin B kompleks dan selenium yang sangat bermamfaat terutama untuk menambah gizi anak.

Harapan lain, dengan kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dari Unimal tersebut bisa membuka peluang usaha bagi ibu-ibu yang ada di Gampong Cot Girek Kandang, agar lebih giat dalam membantu pendapatan keluarga. “Kita ingin dengan kegiatan ini bisa membuka pemahaman ibu-ibu dan lebih eksis dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,”ujarnya.[ded]


Kirim Komentar