Dosen Kedokteran Unimal Memeriksa KGDS Pada Lansia di Kampung Jawa Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Kedokteran Unimal Memeriksa KGDS Pada Lansia di Kampung Jawa Baru

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian tentang pemeriksaan Kadar Gula Darah Sewaktu dan Konseling Pola Hidup Sehat di Kampung Jawa Baru Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan ini juga melibatkan dosen dan beberapa mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malikussaleh sekaligus melatih mereka kelak agar terbiasa berhadapan dengan masyarakat.

Ketua kegiatan dr Khairunnisa Z, M.Biomed mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang Lansia yang berasal dari Kampung Jawa Baru. Menurutnya, konseling pola hidup sehat pada Lansia sangat penting dilakukan karena para Lansia adalah orang yang rentan terkena infeksi virus, bakteri dan jamur serta penyakit lainnya karena fungsi organ dan daya tahan tubuh yang menurun akibat faktor usia.

“Dengan penerapan pola hidup sehat sehingga dapat meminimalkan faktor-faktor tersebut,” katanya

Khairunnisa menyebutkan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan tekanan darah dan Kadar Gula Darah Sewaktu (KGDS) kepada setiap Lansia, juga melakukan skrining awal terkait penyakit hipertensi dan  diabetes melitus (DM). Penyakit DM ini sering terkena pada Lansia karena penurunan fungsi organ,.

“Hal ini juga berdampak pada pandemi saat ini yaitu penyakit Covid-19 yang amat sangat ganas pada penderita DM,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan, terdapat tekanan darah dan KGDS yang bervariasi, dari 50 orang lansia  ada lebih kurang 10 orang yang hasil KGDS nya diatas 200 g/dl. Dari 10 orang tersebut ada 2 orang yang memang belum pernah memeriksakan KGDS-nya jadi tidak tahu kalo kadar gula mereka tinggi dan disarankan untuk segera ke faskes terdekat, sedangkan 8 orang lagi memang menderita DM tapi minum obat tidak teratur dan pola hidup yang tidak sehat sehingga KGDS tidak terkontrol.

“Harapan kami dengan diadakannya kegiatan ini Lansia di Kampung Jawa Baru semua dapat menerapkan pola hidup Sehat, tutup Khairunnisa yang didampingi Kader Posyandu dan Lansia, Nani.[tmi]


Kirim Komentar