45 Guru SMAN 1 Nisam Ikuti Program CAR Dosen Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Universitas Malikussaleh berfoto bersama para guru di halaman SMA 1 Nisam. Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Tiga orang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melaksanakan pengabdian kepada masayarakat berupa pendampingan Class Classroom Action Research (CAR) berbasis Asesmen Diagnostik Berkala. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nisam itu berlangsung selama enam hari, Senin – Sabtu (1-6/11/2021).

Tercatat 45 orang guru di SMA tersebut mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Isna Rezkia Lukman, MPd, Mellyzar MPd, dan Fajrul Ginting MPd.

Menurut Mellyzar, pelaksanaan pendampingan dimulai dari pemaparan materi CAR dan asesmen diagnostik berkala, cara menulis laporan penelitian yang baik, hingga pendampingan publikasi hasil penelitian yang sudah dibuat.

CAR adalah suatu rancangan penelitian yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas. “Guru yang melakukan CAR memiliki peran ganda yaitu guru sebagai pengajar dan sebagai peneliti (teacher – researcher),” terangnya.

Sebagai pengajar harus menyelesaikan masalah dalam pembelajaran dan memperbaiki  kualitas proses dan hasil pembelajaran. Sebagai peneliti guru menghasilkan karya ilmiah yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti kenaikan pangkat, lomba guru berprestasi, lomba kreativitas guru, dan lainnya

“Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian, menyusun laporan hasil penelitian dan melakukan publikasi hasil penelitian dalam bentuk artikel pada jurnal yang bereputasi serta dapat melakukan penilaian (asesmen) hasil belajar peserta didik dengan benar guna meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh Utara khususnya,” pungkas Mellyzar.[ryn]


Kirim Komentar