Dosen Kedokteran Universitas Malikussaleh Sosialisasi PHBS di MIN 1 Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Kedokteran Universitas Malikussaleh Sosialisasi PHBS di MIN 1 Lhokseumawe

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan di sekolah MIN 1 Kota Lhokseumawe, Sabtu (20/11/2021) dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19” yang diikuti oleh para siswa dan guru di sekolah tersebut.

ketua panitia, Vera Novalia M.Sc mengatakan,  penyuluhan tentang PHBS perlu dilakukan kepada siswa sekolah karena mereka merupakan kelompok usia yang kritis, sehingga pada usia tersebut seorang anak rentan terhadap masalah kesehatan. 

“Kurangnya pengetahuan tentang PHBS ini juga bisa menyebabkan resiko penularan dan penyebaran yang cukup tinggi sehingga perlu memberdayakan siswa di lingkungan sekolah agar tau, mau dan mampu mempraktekkan dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah yang sehat,” katanya.

Menurutnya, salah satu indikator pokok dalam kegiatan ini adalah teknik mencuci tangan dengan 6 langkah sesuai WHO  yang berperan dalam pencegahan penyakit yang dipandu oleh mahasiswa kedokteran Unimal. Penyuluhan PHBS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran setiap individu mengenai pola hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar sehingga mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup. 

“Kami juga mengajak para peserta untuk mengulas kembali penyuluhan yang telah diberikan dengan menjawab post test yang diberikan oleh mahasiswa,” tutupnya.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan disambut positif oleh Kepala Sekolah MIN 1 Kota Lhokseumawe, Husni M.Pd dan mengharapkan kerjasama dengan Universitas Malikussaleh terus dapat berlanjut kedepannya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar