Di SMKN 1 Nisam, Dosen Psikologi Unimal Sosialisasikan Anti Perundungan dan Tindak Kekerasan

SHARE:  

Humas Unimal
Sosialisasi dampak perundungan dan aksi kekerasan pada anak di SMKN 1 Nisam. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Maraknya aksi perundungan dan tindak kekerasan pada anak saat ini membuat Dosen Podi Psikologi Unimal merasa terpanggil untuk melakukan sosialisasi akan buruknya dampak dari hal tersebut di SMK Negeri 1 Nisam beberapa hari lalu.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Nursan Junita MA sebagai ketua dan Dr Hafnidar sebagai anggota. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh LPPM Unimal.

Menurut Nursan, tujuan dari sosialisasi ini untuk memberi pengetahuan dan peningkatan kesadaran diri (self awareness) sehingga membantu siswa untuk belajar  bersikap assertive  dari berbagai tindak kekerasan di sekitarnya.  

Sosialisasi ini berlanjut dengan terbentuknya   komunitas perlindungan Kekerasan pada anak di SMK Negeri 1 Nisam.

Nursan mengatakan  pembentukan komunitas ini melibatkan siswa dan guru. “Beberapa di sekolah ini juga sudah mendapatkan pelatihan terkait tindak kekerasan, sehingga dapat memberikan pengarahan kepada siswa,” ujar Nursan.

Sementara itu, Hafnidar  berharap dengan terbentuknya komunitas perlindungan pada anak di SMKN 1 Nisam, dapat meniadakan  tindak kekerasan dan aksi perundungan di sekolah tersebut. “Secara umum, kita berharap angka aksi perundungan dan tindakan kekerasan pada anak sekolah dapat menurun secara siginifikan,” tutupnya.[ryn]


Kirim Komentar