Dosen FISIP Unimal Latih Pengurus Masjid Manfaatkan Media Sosial Untuk Syiar Keagamaan

SHARE:  

Humas Unimal
Penyampaian materi oleh Asrul Fahmi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen FISIP Unimal. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dua orang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, Muhammad Fazil MSocSc  dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Asrul Fahmi MAP dari Prodi Administrasi Publik memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial kepada pengurus masjid, Senin (23/11/2021).

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang kelas kampus Pascasarjana Universitas Malikussaleh itu menghadirkan 10 perwakilan pengurus masjid, yaitu Masjid Hagu Teungoh, Masjid Hagu Selatan, Masjid Hagu Barat Laut, Masjid Jomblang, Masjid Gampong Keude Aceh, Masjid Ule Jalan, Masjid Uteun Bayi, Masjid Kutablang, Masjid Tumpok Teungoh, dan Masjid Pusong Baru.

Menurut Fahmi, dari observasi awal terlihat bahwa baru terdapat beberapa masjid yang memanfaatkan media sosial sebagai media penyiaran keagamaan dan juga media informasi masjid. Hal ini disebabkan berbagai permasalahan antara lain, penyediaan sarana peralatan untuk mendukung hadirnya konten media sosial belum menjadi prioritas masjid. “Padahal ini merupakan hal yang penting  dalam menjalankan fungsi dakwah oleh masjid,” ujarnya.

Keunggulan media sosial sebagai media penyiaran Islam adalah dapat menjangkau penerima dalam waktu cepat dan lebih digemari oleh anak-anak muda.

Sementara itu, Muhammad Fazil menyebutkan bahwa terdapat berbagai platform media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana dalam berdakwah. Pemanfaatan media sosial merupakan potensi utama dalam mengoptimalkan peranan masjid sebagai sarana pembinaan umat, dengan mengimplementasikan fungsi persatuan dan ukhuwah islamiyah, fungsi pewaris nilai–nilai ajaran agama Islam, fungsi dakwah, fungsi khasanah ilmu pengetahuan, dan fungsi pemecah persoalan umat," terangnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat  yang difasiltasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh.[ryn]


Kirim Komentar