Ini Pengabdian Masyarakat yang DIlakukan Lima Dosen Perempuan FEB Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen perempuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Reuleut - Lima orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh melaksanakan pengabdian masyarakat di Gampong Reuleut Timu Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Kelima dosen yang semuanya perempuan itu adalah Fanny Nailufar MSi, Devi Andriyani MSi, Agustinawati MBA, Yurina MSi, dan Dr Ratna.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mereka lakukan ditujukan kepada para buruh tani wanita yang ada di gampong tersebut. Pengabdian itu berupa sosialisasi dampak buruk gulma terhadap tanaman dan lingkungan, pelatihan menganyam gulma eceng gondok, dan pemanfaatan perdagangan elektronik (ecommerce).

Dipilihnya anyaman dari gulma eceng gondok dalam pelatihan itu disebabkan karena banyaknya tumbuh gulma itu di daerah tersebut. “Gulma ini sudah sangat menganggu pertumbuhan tanaman utamanya, namun sebenarnya jika dimanfaatkan, gulma itu dapat bernilai ekonomis, ujar Fanny Nailufar yang merupakan Ketua Tim Pengabdian.

Untuk pelatihan menganyam, tim pengabdian mendatangkan Hajidah dari Komunitas SEJAM (Sedekah Jamaah) sebagai tutor. Adapun anyaman yang dibuat dari gulma eceng gondok dalam pelatihan itu berupa alas piring, taplak, tas, dan pernak-pernik rumah tangga lainnya.

Sementara itu, salah satu anggota tim, Devi Andriyani mengatakan bahwa, buruh tani di gampong tersebut sebaiknya memiliki soft skill dan juga kreativitas dalam bekerja. “Kami harap dengan adanya pelatihan ini, bisa menambah pendapatan para buruh tani wanita yang ada di gampong itu, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rumah tangga mereka juga,” ucapnya.

Selain mengadakan pelatihan dan sosialisasi, tim pengabdian  juga memberikan motivasi tentang pentingnya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan hasil produksi mereka.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelima dosen ini didanai oleh Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh.[ryn]


Kirim Komentar