Dosen Unimal Beri Solusi Pakan Ternak Untuk Masyarakat Paya Gaboh

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Beri Solusi Pakan Ternak Untuk Masyarakat Paya Gaboh

UNIMALNEWS | Sawang - Dosen Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian dengan memberikan solusi dan pelatihan pembuatan pakan ternak kepada masyarakat Gampong Paya Gaboh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Jumat (19/11/2021).

Ketuai Pengabdian, Ikhyanuddin mengatakan, setelah diterapkan Qanun Gampong pada tahun 2019 tentang Larangan Pelepasan Ternak di Gampong Paya Gaboh, para peternak mulai kesulitan mendapatkan kebutuhan pakan sehingga sebagian besar  menjual ternak mereka.

“Kegiatan ini dilakukan selama 2 tahun yaitu tahun 2020 dan 2021, pada tahun 2020 tim membuat  kegiatan sosialisasi program dan pelatihan wirausaha serta Penguatan kelembagaan kelompok petani,” katanya.

Ikhyan menyebutkan, selama dua tahun itu pihaknya sudah membentuk dua kelompok peternak yaitu Harapan Jaya dan Beuna Jaya, kemudian dilakukan pengadaan mesin pencacah pakan ternak. Pada tahun 2021, dilakukan tiga kegiatan yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak, pembuatan tempat pembuatan pakan ternak serta pemanfaatan lahan yang tidak digunakan untuk penanaman rumput gajah sebagai bahan baku utama pakan ternak.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan mahasiswa KKN yang bertugas di Paya Gaboh yang dilaksanakan dari bulan September sampai dengan pertengahan Desember 2021,” ungkapnya.

Kelompok pengabdian tersebut diketuai oleh Ikhyanuddin M.Acc yang beranggota Dr Hendra Raza, dan Fuadi M.Ag. Kegiatan pengabdian tersebut mengusung tema “Efisiensi Pembuatan Pakan Ternak di Gampong Paya Gaboh”. [tmi]


Kirim Komentar