Kerja Sama dengan BNSP, Fakultas Teknik Unimal dan Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Gelar TOT

SHARE:  

Humas Unimal
Peserta TOT yang digelar oleh Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh bekerja sama dengan BNSP. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh dan Balai Jasa Kosnstruksi Wilayah I Banda Aceh menggelar pelatihan Training of Trainer (TOT) selama enam hari, Senin hingga Sabtu (8-13/11/2021). Pelatihan yang dilaksanakan di Laboratorium Teknik Elektro itu menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai mitra.

Pelaksanaan TOT Sertifikasi BNSP merupakan langkah yang sempurna untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sehingga dapat menghasilkan pelatih yang lebih handal, berkompeten, dan efektif. Kegiatan proses belajar dan mengajar memiliki fenomena yang menarik dalam setiap prosesnya yakni setiap kata, pikiran, dan tindakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungannya. “Oleh karena itu setiap pelatihan harusnya diatur dengan mengarah kepada konsep latihan yang profesional,” terang Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik, Dr Ars Rinaldi Misra.

Salah seorang Asesor dari  BNSP, Oih Salihadin MT menyatakan bahwa dengan TOT ini diharapkan para peserta mampu untuk merencanakan dan menyusun program pelatihan dengan efektif, yaitu dengan menganalisis kebutuhan pelatihan, terampil dalam melakukan berbagai metode pelatihan, terampil dalam menyampaikan materi pelatihan dengan suasana yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan dan memahami kebutuhan belajar trainer dan menyusun materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik, Dr Muhammad, menyebutkan bahwa keberhasilan suatu pelatihan sangat ditentukan oleh kompetensi seorang pelatih dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi kepada peserta pelatihan. “Seringkali masalah muncul karena tidak kompetennya pelatih dalam menyampaikan materi sehingga menyebabkan proses pelatihan tersebut tidak berjalan dengan efektif dan kurang maksimal,”  tutupnya.


Kirim Komentar