Dosen Teknik Unimal Berikan Pelatihan MS Office kepada Aparatur Gampong

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana pelatihan MS Office kepada aparatur Gampong Uteun Kot Kota Lhokseumawe yang dilaksanakan oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Uteun Kot - Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran buatan dari Microsoft  yang dijalankan di komputer atau laptop melalui sistem operasi Windows dan Mac OS X yang mana di dalamnya  terdapat beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook, visio, Publisher dan Microsoft Access.

Penggunaan MS Office sangatlah familiar untuk membantu pekerjaan dalam membuat surat, membuat dokumen, memasukkan gambar dalam word, membuat tabel yang biasa menjadi tugas administrasi dalam kegiatan perkantoran. Bahkan saat ini, di era digitalisasi kemampuan menggunakan MS Office ini merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh aparatur sipil negara (ASN) ataupun nonASN.

Dilatarbelakangi hal tersebut, empat orang dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yaitu Asrianda MKom, Dr Muhammad, Hafizh Al Kautsar Aidilof MKom, dan Ar Razi MCs melakukan pengabdian berupa pelatihan penggunaan MS Office bagi aparatur gampong di Gampong Uteun Kot Kota Lhokseumawe.

Gampong Uten Kot merupakan salah satu gampong lingkar kampus Universitas Malikussaleh. Dipilihnya Gamong Uten Kot sebagai lokasi pengabdian bertujuan agar gampong tersebut bisa dijadikan sebagai percontohan untuk gampong digital. “Pada era digital ini dituntut agar seorang aparatur gampong harus memiliki penguasaan teknologi yang mumpuni, sehingga mereka perlu diberikan pelatihan peningkatan kemampuan dalam penggunaan teknologi informasi untuk melancarkan pekerjaan mereka," ujar Asrianda yang merupakan Ketua Tim pengabdian.

Pelatihan dapat membantu aparatur gampong untuk menerapkan ilmu yang didapatkan, sehingga perubahan sikap terhadap pekerjaan mereka sehari-hari ."Diharapkan setelah adanya pelatihan ini pelayanan aparatur gampong terhadap masyarakat bisa lebih baik," ujarnya.

Pelaksaaan kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dananya bersumber dari LPPM Universitas Malikussaleh.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar