Tingkatkan Literasi Teknologi Santri, Dosen Teknik Unimal Gelar Pengabdian di Dayah

SHARE:  

Humas Unimal
Sejumlah dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada para santri Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha Gampong Geulumpang Sulu Barat Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jum’at (25/11/2021). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat terutama generasi muda di bidang teknologi, sejumlah dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada para santri Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha yang berlokasi di Gampong Geulumpang Sulu Barat Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jum’at (25/11/2021).

Adapun kegiatan pengabdian yang dimaksud berupa pelatihan perakitan dan instalasi komputer serta sosialisasi mengenai pentingnya menguasai teknologi digital saat ini. Adapun dosen yang terlibat dalam pengabdian ini adalah Bustami MSi MKom, Risawandi MKom, Zara Yunizar MKom, Lidya Rosnita MKom, Rini Meiyanti MKom, serta M. Fauzan MT yang juga dibantu sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Risawandi MKom selaku salah seorang tim pengabdian mengungkapkan bahwa pelatihan perakitan komputer ini penting dilaksanakan disebabkan pada era teknologi ini keahlian mengoperasikan komputer merupakan skill yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh siapapun terutama oleh generasi muda “Walau para santri mondok  di dayah,  tapi itu tidak jadi penghalang untuk mereka mempelajari teknologi yang semakin lama semakin canggih,”ujar Risawandi.

Untuk kegiatan pengabdian ini, materi pelatihan perakitan dan instalasi komputer disampaikan  oleh Risawandi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Provinsi Aceh. Materi pelatihan mencakup perakitan CPU dari pemasangan awal serta pengenalan komponen-komponen komputer  dan instalasi komputer.

Sementara itu, materi tentang perkembangan teknologi informasi disampaikan oleh Bustami MSi MKom yang juga merupakan ketua tim pengabdian. Dalam paparannya, Bustami menjelaskan bahwa sebaiknya para santri di Dayah Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha harus dibekali dengan ilmu teknologi sehingga bisa selalu mengikuti perkembangan zaman.

“Kami harap dengan adanya pelatihan ini, bisa menambah wawasan dan minat belajar santriwan dan santriwati sehingga akan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keahlian mereka terutama di bidang teknologi komputer,” ucapnya.

Selain mengadakan pelatihan dan sosialisasi, tim pengabdian Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh juga menghibahkan 10 unit komputer untuk dayah tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Teknik  ini didanai oleh Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh.[kur]

 


Kirim Komentar