Mencegah Plagiasi, Prodi Antropologi Gelar Webinar Metode Parafrase dan Sitasi

SHARE:  

Humas Unimal
Mencegah Plagiasi, Prodi Antropologi Gelar Webinar Metode “Parafrase dan Sitasi”

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Antropologi, Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Malikussaleh melaksanakan webinar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (18/12/2021).

Webinar tersebut mengangkat tema dari sebuah pertanyaan yang mendasar bagi para akademisi muda yaitu “Gimana Sih Cara Parafrase dan Sitasi?”.

Ketua Prodi Antropologi, Ade Ikhsan Kamil MA, mengatakan, webinar ini dilaksanakan atas keikutsertaan prodi dalam mengarahkan tulisan-tulisan mahasiswa yang bebas plagiasi.

“Dengan memahami metode-metode parafrase dan metode sitasi, mahasiswa tidak terjebak dari plagiasi pada tulisan yang telah dibuatnya,” katanya.

Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Dr Abdullah Akhyar Nasution menyampaikan, sebagai mahasiswa, menulis merupakan kewajiban mendasar dan dalam menulis harus jujur sebagai tanggung jawab alamiah.

“Nah dalam stratifikasi akademik, ada orang-orang yang sudah berilmu dan lebih dulu belajar terkait sesuatu, maka kita mengikuti mereka dengan cara mensitasi pandangan-pandangan dan argumen mereka,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. M. Nazaruddin menyebutkan, kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga tradisi ilmiah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendongkrak marwah kampus adalah dengan belajar dari guru-guru dan orang sekitar kita dengan cara mensitasi tulisan-tulisan para dosen-dosen sendiri atau teman-teman kolega terdekat.

Kegiatan ini turut mengundang Iwan Fajri sebagai pemateri dalam memberikan ilmu terkait parafrase dan sitasi bagi para mahasiswa yang menuju tingkat akhir. Beliau merupakan editor jurnal Peuraden (Sinta 2) dan staf khusus bidang Litbang pada Majelis Pendidikan Aceh.

Dalam pembahasannya, Iwan mencoba membawa para peserta untuk terlebih dahulu memahami tujuan dari karya tulis yang telah dibuat. Selanjutnya mengajarkan metode parafrase dan metode sitasi bagi para mahasiswa. [tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar