Mahasiswa KKN Tematik 02 Bantu Pengobatan Massal dan Penyuluhan Kesehatan di Gampong Terpencil

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 02 Bantu Pengobatan Massal dan Penyuluhan Kesehatan di Gampong Terpencil

UNIMALNEWS | Nisam Antara – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh berkerja sama dengan para medis Puskesmas melakukan pengobatan massal di daerah terpencil perbatasan di Dusun Bintang Kala, Gampong Alue Papeun Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Senin (10/12/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 02 adalah Mhd Agung Asmara, Rizkan Tiara, Alri Ihraman Sihombing, dari Jurusan Teknik Elektro, Cindy Shavira Nabila, Julianti, Nurul Hafnati, Zainita Nanda Rizki, dari Prodi Psikologi. Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Susi Nurhayati MT.

Perwakilan mahasiswa, Alri Ihraman Sihombing  mengatakan, pengobatan massal merupakan salah satu kegiatan kesehatan yang biasanya terkait dengan pengabdian masyarakat oleh institusi atau organisasi tertentu. Sasarannya tentu masyarakat daerah terpencil yang kurang mendapat perhatian kesehatan dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Pada pengobatan massal ini ada dokter yang akan memeriksa pasien, juga hadir perawat, petugas farmasi, administrasi serta panitia pelaksana kegiatan tersebut. Segala jasa pengobatan atau tindakan medis serta obat-obatan digratiskan kepada masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan ini terdapat  opsi pengobatan dari usia bayi,balita,anak anak,remaja, ibu hamil,hingga lansia. Kegiatan ini meliputi pengobatan massal gratis, penyuluhan kesehatan,pemberian PMT pada bayi, pemberian susu kepada lansia, transfer ilmu tenaga kesehatan , pemeriksaan gula darah dan asam urat dan pemberian bahan kontak berupa sabun mandi, sikat gigi dan pasta gigi kepada masyarakat. Kegiatan  DTPK dilakukan hanya sekali waktu .

“Dokter dan tenaga kesehatan yang turun ke lapangan dengan sebagian besar obat-obatan bersumber dari Puskesmas dan dinas kesehatan. Pengobatan ini bermanfaat bagi masyarakat karena sangat membantu mereka,” ungkap Alri.[tmi]


Kirim Komentar