FEB Unimal dan FEP Universiti Kebangsaan Malaysia Gelar Kolokium Perniagaan

SHARE:  

Humas Unimal
Fakulti Ekonomi dan Pengurusan Universiti Kebangsaan Malaysia (FEP-UKM) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh melaksanakan Kolokium Penyelidikan Prasiswazah Perniagaan dan Pengurusan, 10 - 14 Januari 2022. Foto: Ist.

UNIMAL | Lhokseumawe – Fakulti Ekonomi dan Pengurusan Universiti Kebangsaan Malaysia (FEP-UKM) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh melaksanakan Kolokium Penyelidikan Prasiswazah Perniagaan dan Pengurusan (Koppep@Ukm) atau kolokium antarbangsa.

Kolokium atau pertemuan keahlian bertajuk “Economic and Management Undergraduate Research Colloquium (URECO@UKM) tersebut berlangsung pada 10-14 Januari 2022. Tema yang diangkat tentang “Isu Kontemporari dalam Ekonomi dan Pengurusan dalam Era Pandemi”.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh, Dr Hendra Raza, menyebutkan kolokium ini bertujuan untuk mempromosikan berbagai temuan hasil penelitian mahasiswa undergraduate (S1). Tujuannya, hasil temuan dari kolokium dapat meningkatkan kualitas paper mahasiswa FEP-UKM dan FEB-UNIMAL.

Selain itu, kolokium dapat memberi manfaat atau kontribusi untuk  membantu fakultas dalam mencapai key performance indicator (KPI) atau indikator kinerja utama (IKU) di antara kedua fakultas di kedua perguruan tinggi tersebut.

Ketua Centre of Global Business and Digital Economy (GloBDE)@UKM, Prof Madya Dr Ruzita Abdul Rahim, menyampaikan bahwa kolokium  ini merupakan program kerja sama antara Universitas Kebangsaan Malaysia dengan Universitas Malikussaleh yang sebelum ini telah mengikat MoA dalam program penelitian.

“Kedua fakulti juga telah mengikuti berbagai program dari forum digital ekonomi, program workshop dan publikasi bersama,” ujar Ruzita. Menurutnya, kolokium ini akan dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan dapat memperbaiki kualitas paper yang akan di publikasi dalam prosiding kolokium yang terdaftar di Perpustakaan Malaysia.

Dekan Fakulti Ekonomi dan Pengurusan UKM, Prof. Dr. Aini Aman, berharap kedua belah pihak dapat memperkukuh program kolokium ini dan tidak hanya untuk mahasiswa S1, namun dapat dilanjutkan untuk program pascasarjana. Ia juga berharap dapat melaksanakan berbagai program kerja sama lainnya di masa mendatang seperti pertukaran pelajar, summer program untuk belajar bersama-sama di UKM selama tiga minggu. “Masih terbuka kerja sama dalam bentuk program baru yang diperkuat dengan MOU dan MOA,” ujarnya.

 

Dekan FEB Universitas Malikussaleh, Dr. Hendra Raza, menyambut baik program kolokium ini dan berbagai program kerja sama lainnya antara FEP-UKM dan FEB Universitas Malikussaleh. Di sisi lain, FEB Universitas Malikussaleh masih membutuhkan kerja sama dengan FEP-UKM untuk mendapatkan pembinaan dalam upaya menginternasionalkan program studi di lingkungan FEB Universitas Malikussaleh.

Dr. Darmawati yang ditunjuk sebagai Ketua Koordinator KoPPEP@UKM menyampaikan bahwa kolokium ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang dapat memberikan nilai tambah sebagai presenter dari karya ilmiahnya dan selanjutnya akan mendapatkan nilai tambah lainnya karena artikel tersebut akan dipublikasi di prosiding KoPPEP@UKM ber-ISBN.

Darmawati merincikan, jumlah paper mahasiswa yang ikut dalam kolokium tersebut sebanyak 18 paper yang terdiri dari 10 paper dari Prodi Manajemen, 3 paper dari Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PMIM), 1 paper dari Prodi Ekonomi Pembangunan, dan 4 paper dari Prodi Akuntansi.

“Semuanya telah dipresentasikan pada 10 dan 11 Januari 2022. Paper tersebut akan dipublikasikan pada pertengahan Maret 2022,” ucap Darmawati. [ayi]

Baca juga: Dosen Fakultas Ekonomi Latih Inovasi Produk Olahan Hasil Laut


Kirim Komentar