Dosen Unimal Edukasi Siswa SMA di Bireuen masuk PTN

SHARE:  

Humas Unimal
Siswa dari beberapa SMA di Bireuen mengikuti edukasi tentang masuk perguruan tinggi oleh dosen Universitas Malikussaleh di aula SMA 2 Bireuen. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Bireuen - Tahapan penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022 sudah dimulai. Kesempatan tersebut  dimanfaatkan oleh beberapa dosen Unimal untuk memberikan edukasi kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bireuen pada Jum’at (14/1/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan di aula SMAN 2 Bireuen dan diikuti oleh siswa dari beberapa sekolah yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan MAN 2 Bireuen. Edukasi tersebut dilakukan oleh empat orang dosen yakni Muhammad MT (Teknik Mesin), Taufik MT (Vokasional Teknik Mesin), Arif Rahman MH dan Dr Elidar Sari yang keduanya merupakan dosen Fakultas Hukum.

Pada kesempatan itu para dosen tersebut menyampaikan informasi mulai dari cara masuk, cara kuliah, dan  tips agar bisa lulus tepat waktu nantinya.  “Kuliah itu bukan hanya bagaimana masuk saja, tapi bagaimana proses dan lulus tepat waktu. Harus ada komitmen dari awal dengan siswa agar memahami cara-cara masuk dan kuliah agar tidak ada yang dirugikan nantinya, sehingga siswa dapat menentukan sikap dari sekarang,” terang Muhammad.

Sementara itu, Arif Rahman menjelaskan terkait mekanisme jalur masuk PTN yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan Jalur mandiri.  Arif mengingatkan tentang pentingnya Akun LTMPT dan tugas siswa dalam setiap kegiatan jalur masuk, KIP-Kuliah dan informasi Program Studi di Unimal .

“Siswa harus peduli dan tahu tentang cara pengisian data informasi di akun LTMPT, jika ada kesalahan atau data yang diisikan tidak benar, bisa menimbulkan kerugian pada siswa tersebut,” jelas Arif.

Pada akhir kegiatan, Kepala SMAN 2 Bireuen, Hanafiah MPd memberikan motivasi kepada siswa agar terus memiliki semangat untuk terus melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi. “Semakin tinggi pendidikan kita, maka akan semakin terbuka kesempatan kita untuk merubah diri kita, seperti yang pernah disampaikan oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng,” pungkasnya.[ryn]

 


Kirim Komentar