Fakultas Teknik Unimal Sosialisasi Cara Memilih Program Studi di SMAN 1 Matangkuli

SHARE:  

Humas Unimal
Fakultas Teknik Unimal Sosialisasi Cara Memilih Program Studi di SMA N 1 Matangkuli

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Dosen dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi di SMA Negeri 1 Matangkuli, Aceh Utara, Jumat (11/2/2022).

Yang hadir dalam kegiatan itu adalah Dekan Fakultas Teknik, Dr Muhammad bersama wakil Dekan II dan III untuk memberikan materi terkait tata cara pendaftaran dan kisi-kisi bagaimana siswa dapat  lulus masuk PTN melalui jalur SNMPTN.  Kegiatan ini dilaksanakan atas undangan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matangkuli, Khairuddin Budiman.

Khairuddin Budiman menyebutkan, bahwa kuota eligible SMA Matangkuli terpenuhi sebanyak 40 % dan sudah dipilih siswa berprestasi yang  berkeinginan melanjutkan kuliah di PTN.

“Kehadiran dosen dari Unimal sangat penting agar para siswa dapat memahami bagaimana pola seleksi SNMPTN sehingga  nantinya siswa kami dapat lulus di jalur SNMPTN sebagaimana harapan dari kepala Dinas Provinsi Aceh,” katanya.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Muhammad mengatakan, masa pendaftaran PTN melalui Jalur SNMPTN 2022  oleh siswa eligible dimulai 14  sampai dengan 28 Februari 2022. Pentingnya memahami pola Seleksi karena itu adalah kunci dari proses SNMPTN.

“Siswa harus memahami bahwa sebuah jurusan atau prodi harus mengakomodir ini 3 T. Tidak bisa menerima seluruh siswa dari  satu sekolah, maka diharapkan dari kuota yang diterima nantinya akan ada perbedaan  yaitu  beda sekolah, beda daerah dan beda propinsi,” ungkapnya.

“Nah, disinilah adik adik perlu menyikapi ini. jangan memaksa kehendak dan beramai ramai memilih satu prodi. kemungkinan hanya satu atau dua saja yang lulus. Pilihlah prodi yang berbeda dalam satu PTN atau prodi yang sama berbeda PTN,” tutur Dr Muhammad.

Wakil Dekan III,  Muhammad M.Eng menambahkan, pentingnya memahami kuliah, karena kuliah itu bukan hanya persoalan masuk tapi bagaimana proses kuliah dan dinamikanya dan yang pasti bisa lulus tepat waktu nantinya.

“Adik-adik adalah siswa yang direkomendasi berprestasi oleh sekolah. Tetapi jika nanti saat kuliah gagal, maka sekolah akan malu dan ini harus benar- benar di jaga. kuliah itu perlu tekad dan informasi yang benar agar adik-adik bisa mengantisipasi dari awal terhadap kendala nantinya,”jelasnya.

Lanjut Muhammad, bagi yang kekurangan biaya silahkan daftar KIP Kuliah dan bagi yang tidak bisa mendaftar maka nanti ketika lulus masuk PTN akan banyak bantuan lain seperti beasiswa Aceh carong,  dan bantuan lainnya, tahun 2020 dan 2021 hampir 70 % mahasiswa Unimal gratis uang kuliah.

“Terkait pilihan dua, pilihlah jurusan atau prodi yang anda sukai, agar jika nanti lulus maka anda akan kuliah. dan jika lulus dan tidak kuliah maka adik-adik tidak bisa ikut jalur SBMPTN karena penalti,” tambahnya.[tmi]


Kirim Komentar