Unimal Sosialisasi UTBK-SBMPTN Kepada Sekolah di Aceh Utara dan Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
Unimal Sosialisasi UTBK-SBMPTN Kepada Sekolah di Aceh Utara dan Lhokseumawe. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) kepada sekolah tingkat SMA,MA, dan SMK yang ada di Kota Lhokseumawe dan Aceh utara, Jumat (11/3/2022)yang dilaksanakan di Aula Cabang Kantor Dinas Pendidikan Lhokseumawe.

Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe, Jamaluddin mengatakan, tahun ini di Lhokseumawe ada sekitar 1.193 siswa tingkat SMA, dan 1.475 siswa tingkat SMK yang lulus sekolah. Dengan ada kegiatan ini semoga pihak sekolah bisa tersampaikan informasi untuk kategori penerimaan mahasiswa baru di Unimal.

"Mudah-mudahan anak kita bisa diterima di Unimal, dan kami selalu melakukan kerja sama dengan Unimal bukan hanya dalam hal menerima mahasiswa baru, tapi juga menerima mahasiswa magang di tempat kami," katanya.

Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Universitas Malikussaleh, Asri MT mengungkapkan, pada tahun sebelumnya, Unimal menerima 4 ribu lebih mahasiswa yang tersebar di Indonesia. Tahun ini ada penambahan yakni 6.240 mahasiswa baru untuk 33 prodi S1. Jumlah tersebut merupakan penerimaan untuk tiga jalur masuk, yakni SNMPTN, UTBK- SBMPTN, dan SMMPTN (Mandiri).

"Untuk SNMPTN itu sudah lewat, tapi ada dua jalur masuk lain yaitu UTBK- SBMPTN, dan SMMPTN. Unimal juga menerima mahasiswa untuk jalur prestasi dan afirmasi, namun jumlahnya tidak banyak,"ungkapnya.

Asri mengungkapkan, sebelumnya ada kasus siswa yang sebenarnya layak mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah, tetapi tidak mendaftar ketika mengikuti SBMPTN.

"Pada tahap awal, Pusat menentukan lulus tidaknya KIP-Kuliah berdasarkan dokumen yang ada. “Kemudian perguruan tinggi masing-masing melakukan verifikasi di lapangan,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh ratusan operator dan kepala sekolah yang ada di Aceh Utara dan Lhokseumawe itu dilanjutkan oleh tim Sosialisasi UTBK-SBMPTN dari Universitas Malikussaleh, Kurniawati dan Ayi Jufridar.[tmi]


Kirim Komentar