Dosen FISIP Unimal Raih Gelar Doktor Perencanaan Wilayah di USU

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Cut Sukmawati saat melakukan presentasi saat ujian disertasi. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Medan – Kabar gembira dari FISIP Universitas Malikussaleh. Salah seorang dosen Prodi Administrasi Bisnis, Cut Sukmawati, berhasil meraih gelar doktor setelah mengikuti Ujian di Universitas Sumatera Utara, Medan, Jumat (11/3/2022).

Cut Sukmawati doktor Prodi Perencanaan Wilayah mengambil judul disertasi “Pengaruh Kesehatan Dasar Masyarakat dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Khusus dan Pengembangan Wilayah Kabupaten Aceh Utara” yang dipertahankan di dalam sidang terbuka yang dibuka oleh rektor USU, Dr Muriyanto Amin, MSi. Promotor disertasi ini adalah Prof Dr Marlon Sihombing, dengan ko-promotor Prof Dr lic rer reg Sirojuzilam dan Dr Agus Purwoko, MSi.

Dalam disertasi itu, Cut Sukmawati menjelaskan bagaimana kualitas pelayanan kesehatan dasar di Aceh Utara melalui pelaksanaan otonomi khusus dalam mendukung kesejahteraan sosial. Penelitiannya dilaksanakan sejak Januari 2020 hingga Mei 2021. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan penggunaan data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan struktural equation modelling dengan Smart PLS.

Ujian terbuka ini ikut dihadiri oleh sivitas akademika dari Universitas Malikussaleh, baik yang hadir secara langsung atau daring. Salah seorang dosen yang hadir saat sidang, Dr Ratry Candrasari menyatakan bahwa penelitian Cut Sukmawati menjadi sangat fundamental saat ini di Aceh, karena pencabutan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) ini isu kontroversi. “Artinya pelayanan kesehatan dasar masih perlu diintervensi oleh pemerintah Aceh, agar kualitas kesejahteraan umum masyarakat tidak semakin merosot,” ungkapnya [tkf]


Kirim Komentar