Wisuda Angkatan ke-28, Rektor Singgung Tingginya Pengangguran Akademis

SHARE:  

Humas Unimal
Universitas Malikussaleh melaksanakan prosesi upacara wisuda Angkatan ke-28 sebanyak 587 lulusan program magister, profesi, sarjana, dan diploma 3 di Aula Gedung ACC Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, Sabtu (19/3/2022). Foto: Ayi Jufridar

UNIMALNEWS |  Uteunkot – Universitas Malikussaleh melaksanakan prosesi upacara wisuda Angkatan ke-28 sebanyak 587 lulusan program magister, profesi, sarjana, dan diploma 3 di Aula Gedung ACC Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, Sabtu dan Minggu (19-20/3/2022).   

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra, Asean Eng, dalam sambutannya mengingatkan pengangguran tertinggi di Aceh berasal dari kalangan sarjana. Menurutnya kondisi tersebut sangat ironis karena golongan yang memiliki kemampuan akademis, tidak mampu mendapatkan tempat di dunia kerja.

“Kenyataan ini menunjukkan ilmu yang diperoleh selama perkualiahan, tidak menjamin bisa mendapatkan pekerjaan. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua, bukan hanya tugas pemerintah,” ujar Herman yang mengharapkan para alumni mampu menjadi entrepreneur agar bisa membuka lapangan kerja.

Baca juga: 587 Mahasiswa Unimal Diwisuda, 57 Cum Laude

Pada bagian lain, Rektor Unimal mengingatkan pentingnya aspek komunikasi dan etika yang harus menjadi perhatian para lulusan. “Sekarang banyak yang lulus cum laude, tapi tidak jadi apa-apa. Sementara ada lulusan yang menempuh pendidikan tujuh tahun, yang diluluskan dosen karena kasihan, daripada DO, justru kemudian menjadi pemimpin dan mampu meraih prestasi,” tambah Herman.

Ia juga mengatakan komunikasi dan etika tidak semuanya diajarkan di kampus. Di era digital, cara berkomunikasi ada rekam jejaknya karena melalui media sosial. Lowongan kerja kadang dipelajari melalui rekam jejak media sosial. “Jadi, berhati-hatilah dengan komentar dan pernyataan di media sosial karena itu akan terus tercatat,” pungkasnya. [ayi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar