Pendaftaran SMMPTN-Barat Tahun 2022 Resmi Dibuka, Ini Prosedurnya

SHARE:  

Humas Unimal
Pendaftaran SMMPTN-Barat Tahun 2022 Resmi Dibuka

UNIMALNEWS | Jakarta – Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) Tahun 2022 hari ini, Jumat (1/4/2022) sekitar pukul 16.00 WIB resmi dibuka 27 Juni 2022 mendatang.

Ketua Panitia SMMPTN–Barat 2022,  Prof Aras Mulyadi DEA kepada Unimalnews melalui siaran pers menyampaikan, bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB. Namun jika belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen serta batas akhir cetak kartu peserta paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.

“Untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 14 Juli 2022. Pengumuman kelulusan pada tanggal 18 Juli 2022,” katanya.

Ia menyebutkan, syarat penerimaan peserta diantaranya lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN–BARAT 2022, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing–masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (ITI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing–masing.

“Untuk prosedur pendaftaran itu bisa dilakukan secara online. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan,”  jelas Prof Aras Mulyadi yang juga Rektor Universitas Riau.

Lanjutnya, untuk kelompok ujian dibagi menjadi dua yakni Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dan Sosial dan Humaniora (Soshum). Kemudian untuk peserta dapat memilih paling banyak dua pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi mengikuti ujian tulis.

"Pada masa pandemi Covid–19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini. Sementara untuk biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350 ribu dan dapat dibayarkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan," jelasnya lagi.

Untuk informasi, pengumuman hasil seleksi SMMPTN–Barat 2022 akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2022 dan dapat diakses melalui laman utama http://pengumuman.smmptnbarat.id. kemudian untuk laman mirror bisa juga dilihat diantaranya,

  • http://smmptn.unimal.ac.id
  • http://smmptn.unila.ac.id,
  • http://smmptn.unja.ac.id,
  • http://smmptn.untirta.ac.id,
  • http://smmptn.upr.ac.id,
  • http://smmptn.utu.ac.id,
  • http://smmptn.unsyiah.ac.id
  • http://smmptn.unri.ac.id
  • http:// smmptn.ipb.ac.id

Informasi lengkap dan hal-hal detail lainnya dapat dilihat di situs https://smmptnbarat.id/.[tmi]


Komentar

Kirim Komentar