Alumni Unimal Bagikan Tips Menjadi Pebisnis Andal Kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Pemateri, Azhari MSM. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS| Lhokseumawe- Pelatihan kewirausahaan kepada mahasiswa dan alumni Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Malikussaleh, yang digelar di Aula Cut Mutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa (24/5/2022), begitu mendapat antusias dari peserta.

Kegiatan yang bertema “ Motivasi Usaha dan Strategi Bisnis Era Milenial” tersebut menghadirkan pemateri Azhari MSM, seorang pengusaha muda dan sukses di Aceh yang juga merupakan alumni Universitas Malikussaleh. 

Ketua panitia kegiatan Muchlis MSos dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dan alumni Ilmu Komunikasi dari berbagai angkatan. 

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melahirkan minat dan motivasi bagi mahasiswa yang masih aktif maupun yang sudah menjadi alumni untuk memiliki minat kewirausahaan yang merupakan salah satu upaya melahirkan dunia kerja dimasa mendatang yang semakin kompetitif, “kata Muchlis.

Sementara itu Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, Bobby Rahman, MSi mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti acara tersebut dengan seksama agar transferring pengetahuan dan strategi berbisnis yang disampaikan oleh pemateri dapat menjadi modal dasar bagi mahasiswa dan alumni saat terjun ke dunia usaha.

“Kedepan mahasiswa juga dituntut untuk mampu menyediakan dan membuka lapangan pekerjaan dengan berbagai sektor potensial yang ada. Apalagi strategi berbisnis di masa mendatang, selain harus memiliki pengetahuan juga dibarengi dengan kemajuan teknologi, terutama teknologi informatika,” terang Kajur Ilmu Politik dan ilmu Komunikasi tersebut.

Memasuki materi, Azhari menyampaikan beberapa hal dasar tentang untuk apa menjadi pengusaha. Dimana, menurutnya, menjadi pengusaha adalah sebuah keharusan  bagi pebisnis. Karena pengusaha selain penerapan sebuah kreativitas, juga  sekaligus berinovasi ketika memecahkan sebuah masalah yang menjadikan itu sebuah peluang besar.

Selain itu sebutnya, untuk menjadi pebisnis tidaklah terlalu sulit, cukup memiliki beberapa syarat, diantara Vision (niat), Passion (minat dan menjadikan pekerjaan sebagai hobby), Action (bertindak untuk melakukan sebuah usaha) dan Collaboration (kolaborasi dengan berbagai hal termasuk didalamnya membangun relasi).

“Adik-adik mahasiswa semuanya, tidak usah bingung untuk menjadi seorang pebisnis, cukup memiliki empat hal tersebut, selama dilakukan dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat, Insyaallah berhasil,”ucap Azhari.

Lanjutnya lagi,  selain daripada pondasi dasar sebagai motivasi awal membangun jiwa kewirausahaan, juga dibarengi dengan strategi bisnis yang mendukung ke arah kemajuan usaha.

“Dalam melakukan strategi bisnis apalagi di era milenial seperti sekarang, selain menggunakan kemajuan fitur teknologi informasi dalam menjangkau konsumen, juga memberikan kemudahan dan sentuhan terhadap apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Karena peluang besar bagi seorang pebisnis itu, ketika mampu melihat sebuah masalah menjadi sebuah peluang,” terang Azhari.

Terakhir, dirinya berpesan kepada mahasiswa selain aktif menjalankan strategis bisnis, juga tidak melupakan Tuhan. Karena kemulian ataupun kesuksesan seseorang ditentukan oleh Yang Maha Kuasa.[tmi]


Kirim Komentar