LP3M Universitas Malikussaleh Laksanakan Pendampingan Akreditasi Instrumen Akreditasi LAM EMBA

SHARE:  

Humas Unimal
Workshop Pendampingan Akreditasi APS LAM EMBA untuk prodi di lingkungan Universitas Malikussaleh. Rabu (8/6/2022).Ist

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Malikussaleh melaksanakan Workshop Pendampingan Akreditasi bagi prodi yang akan memasukkan borang akreditasi ke Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (EMBA), Rabu (8/6/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di kantor LP3M Unimal ini dihadiri ketua jurusan dan ketua prodi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

LAM EMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Lam ini diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Menurut Kepala LP3M, Dr Muhammad Yusuf menyebutkan tujuan dilaksanakan workshop ini adalah untuk mensosialisasikan kebijakan sekaligus meningkatkan pengetahuan pimpinan fakultas, pengelola program studi pada Prodi Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi tentang instrumen akreditasi lembaga akreditasi EMBA.

“Terdapat empat karakteristik instrument APS EMBA yakni 1)Berbasis disimpin ilmu EMBA, 2)Berbasis visi dan misi, 3)Berbasis Luaran dan Capaian bidang ilmu EMBA, dan 4)Berbasis proses,” terang Muhammad Yusuf kepada peserta yang hadir.

Selanjutnya, Yusuf memberikan penjelasan keempat karakteristik tersebut. Berbasis disiplin ilmu EMBA artinya penilaian akreditasi dilakukan dengan pendekatan kesesuaian program dan jenis pendidikan dengan bidang ilmu EMBA di setiap program studi. Berbasis visi dan misi maksudnya penliaian dilakukan dengan pendekatan kesesuaian program pendidikan terhadap visi dan misi yang ditetapkan oleh unit pengelola program studi.

Berbasis luaran dan capaian bidang ilmu EMBA artinya penilaian ditekankan pada aspek luaran dan capaian pendidikan yakni mahasiswa dan lulusan serta kontribusi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu EMBA. Sedangkan berbasis proses maksudnya penilaian hasil akreditasi didasarkan pada upaya pengembangan dan perbaikan secara berkesinambungan dan berkelanjutan yang dilakukan oleh unit pengelola program studi dalam meningkatkan hasil luaran dan capaian.

Semoga semua prodi di Universitas Malikussaleh yang mengusulkan akreditasi melalui Lam EMBA ini akan mendapatkan hasil maksimal dan memperoleh nilai unggul nantinya. [ryn]


Kirim Komentar