Mahasiswa KKN 09 Buat Masakan Gulai Pliek Bersama Warga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 09 Buat Masak Gulai Pliek Bersama Warga. Foto ist

UNIMALNEWS | Paya Bakong -  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN - PPM) kelompok 09 Universitas Malikussaleh mulai bangun silaturahmi dan kebersamaan dengan memasak Gulai Pliek di rumah warga Gampong Tgk. Dibanda Pirak. Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Senin (20/6/2022)

Ketua kelompok 09 Ahmad Dirman mengatakan, masakan gulai pliek dipilih oleh warga untuk memperkenalkan masakan khas tersebut kepada mahasiswa KKN yang berasal dari luar Aceh. Gulai pliek merupakan masakan berbahan dasar dari pliek (kelapa fermentasi). Masakan ini sangat populer di kalangan masyarakat Aceh, tetapi masih banyak mahasiswa yang berasal dari luar Aceh belum mengenal masakan ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daun ubi, kacang panjang, nangka muda, buah dan daun melinjo, jantung pisang, cepokak.

“Masakan kuliner (Gulai Pliek) merupakan makanan khas Aceh yang sangat populer dan  makanan ini dijadikan sebagai masakan di acara kebersamaan, reunian, syukuran, dan juga masakan di acara resepsi pernikahan,” katanya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Lidya Rosnita MKom menyampaikan, masyarakat setempat sangat antusias dalam menyambut mahasiswa KKN salah satu caranya yaitu dengan mengajak mahasiswa untuk mencicipi masakan Aceh tersebut (Gulai pliek). 

“Kegiatan ini sangat berguna sekali dilaksanakan selain untuk mencicipi masakan kuliner ini, mahasiswa diluar Aceh dapat mengetahui makanan khas kuliner Aceh dan mencicipi enaknya gulai kuah Pliek ini untuk makanan pelengkap,” ungkapnya.

Mahasiswa yang bergabung dalam kelompok 9 adalah Zikrillah (Pendidikan Matematika), Ahmad Dirman (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Rafif Lingga Ariga (Teknik Sipil), Zahrul Fauza (Teknik informatika), Khaira Usrati ( Pendidikan Kimia), Nurul Hayati (Pendidikan Matematika), Putri Fadillah (Pendidikan fisika), Jely Anjelika (Teknik Kimia), Maulina Dewi (Teknik Arsitektur), Mulia Zahara (Pendidikan Bahasa Indonesia).[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar