Dosen Universitas Malikussaleh Berjaya di Lomba Menulis Hari Pengungsi

SHARE:  

Humas Unimal
Ayi Jufridar, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang juga Kabid Pemberitaan UPT BKP Universitas Malikussaleh. Foto; Bustami Ibrahim.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Universitas Malikussaleh, Ayi Jufridar, berhasil meraih juara pertama dalam Sayembara Menulis Artikel Ilmiah Populer dengan tema Aksi Kemanusiaan terhadap Pengungsi Luar Negeri di Aceh yang digelar Yayasan Geutanyoe. Lomba tersebut digelar  dalam rangka memperingati Hari Pengungsi Sedunia yang jatuh pada 20 Juni. 

Berdasarkan pengumuman di situs geutanyoe.id, artikel Ayi Jufridar yang berjudul Jeratan Hukum Dalam Misi Kemanusiaan, berhasil meraih juara pertama sesuai hasil penjurian final oleh Academic Team. Juara kedua diraih oleh Muzakir dengan judul artikel Rohingya dan Pahlawan Kemanusiaan dari Serambi Mekah

Dewan juri memilih artikel yang ditulis Indri Maulidar berjudul Memanusiakan Pengungsi Lewat Aksi Politik sebagai juara ketiga. Sedangkan artikel karya Zulfurqan yang berjudul Memandang Rohingya sebagai Upaya Penyelamatan Manusia dan Peradaban dipilih sebagai juara favorit.  

Untuk katergori fotografi, juara pertama diraih Syifa Yulinnas, juara kedua Rahmad, juara ketiga diraih Fachrul Reza. Dewan juri juga memilih foto karya Zikri Maulana sebagai juara favorit. Panitia menyediakan hadiah total Rp20 juta bagi para pemenang. 

Ayi Jufridar yang saat ini juga sebagai Kabid Pemberitaan UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Unimal mengaku mendapatkan informasi lomba tersebut di grup Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe. Namun karena kesibukan mengajar dan liputan, ia baru bisa mengirimkan naskah beberapa jam sebelum penutupan. “Alhamdulillah bisa mendapat juara pertama,” kata Ayi yang juga mantan Ketua AJI Lhokseumawe. 

Uniknya, dua juara lomba fotografi, yakni Fachrul Reza dan Zikri Maulana adalah alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh dan pernah mengikuti kelas jurnalistik bersama Ayi Jufridar. [ryn]


Kirim Komentar