Mahasiswa KKN Kelompok 29 Bantu Warga Membajak Lahan Pertanian

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 29 Bantu Warga Membajak Lahan Pertanian. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) kelompok 29 Universitas Malikussaleh ikut serta  membantu warga dalam mengolah  (membajak) tanah yang berada di Gampong Ara Tonton Moncrang, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara yang rencananya akan ditanami sayuran berupa kangkung dan terong.

Agus Salim, salah satu penyuluh pertanian mengatakan, tekstur tanah yang padat dan keras sebenarnya tidak terlalu cocok ditanami sayuran namun bila diberikan perlakuan khusus dapat memungkinkan tanaman berupa sayuran bisa tumbuh subur, karena umumnya  tanah di daerah Ara Tonton Moncrang sering ditanami dengan pohon sawit, tanaman jagung dan kacang tanah.

“Dengan adanya mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh ini diharapkan dapat meringankan pekerjaan warga di Gampong Ara Tonton Moncrang dan mencontohkan sifat tolong-menolong  sehingga pihak yang disekitarnya ikut terpengaruh terhadap sifat tolong-menolong tersebut, karena tidak semua pertolongan dikaitkan dengan uang, maka kami yakin jika kita menolong orang lain kelak kita juga akan ditolong oleh orang lain,” katanya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Asrul Fahmi MAP menyampaikan, ia juga memberi saran bahwa kegiatan membajak yang dilakukan mahasiswa bisa memberikan kesan positif, sehingga mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan warga dan dapat melihat proses kerja nyata warga setempat serta menumbuhkan jiwa gotong royong.

“Kegiatan mahasiswa ini membuat masyarakat termotivasi untuk membangkitkan  jiwa kebersamaan dalam bergotong royong,” pungkasnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 29 itu diketuai oleh Agam Pahlafy (Teknik Arsitektur), Eva Hambali (Pen. Bahasa Indonesia), Fitriana (Pen. Matematika), Sunana (Pen. Bahasa Indonesia), Nurika Febriyanti (Teknik Arsitektur), Amanda (Pen. Fisika), Nisa Mauliza (Pen.Kimia), Sandy MP (Teknik Sipil), Marzuki Hamsah (Pen. Vokasional Teknik Mesin). Thio Rifqi (Teknik Mesin).[tmi]


Kirim Komentar