Mahasiswa KKN Kelompok 21 Buat Peta untuk Gampong Teupin U

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 21 Membuat Peta untuk Gampong Teupin U. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 21 Universitas Malikussaleh  melakukan program kerja (Proker) dengan membuat sebuah karya berupa peta untuk Gampong Teupin U, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Jumat (24/06/2022)

Salah satu anggota kelompok KKN, Nazarul Akmal mengatakan, pihaknya berinisiatif membuat peta untuk gampong tersebut karena sebelumnya Gampong Teupin U belum memiliki peta untuk mengetahui posisi desa terhadap kawasan disekitarnya.

"Manfaat peta yang dibuat oleh kelompok 21 sebagai pendukung perencanaan dan penganggaran gampong akan sangat sesuai, karena dalam penyusunan sebuah kajian akan lebih memformulasikan tema pertema dari sebuah perencanaan. Misalnya tema data sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya sosial, sarana dan prasarana, tata guna lahan, status kawasan, mitigasi bencana yang semua menjadi nyata," katanya.

Nazarul menambahkan, peta yang dibuat oleh mahasiswa KKN 21 ini berupa Peta Sosial. Peta Sosial merupakan media untuk mengarahkan masyarakat mengenali lingkungan sekitarnya sebagai dasar untuk penyusunan gagasan pembangunan desa.

"Bahwa peta ini sangat bermanfaat bagi warga Gampong Teupin U untuk mengenal letak relatif desa mereka. mengingat Gampong  Teupin U sedang dalam proses pembangunan, seperti penambahan lorong, perbaikan jalan dan pembangunan tempat pengajian," ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ferdy Saputra MH menyampaikan, program kerja pembuatan peta Ini salah satu program  unggulan dari kelompok 21, karena bermanfaat untuk gampong. Karena seperti yang  diketahui peta adalah alat dan sarana informasi yang multifungsi dimana bisa menampilkan potensi, masalah, dan juga mereview sebuah kebijakan sekaligus.

"Tugas besar bagi desa selanjutnya adalah bagaimana peta desa ini bisa dijadikan alat untuk memproyeksikan perencanaan (visi desa) untuk 10 sampai 15 tahun kedepan berdasarkan aspirasi, kebutuhan, dan cita-cita masyarakat untuk memperbaiki lingkungan, pemukimannya, serta mendukung kesiap-siagaan masyarakat terhadap bencana," pungkasnya.

Mahasiswa KKN-PPM kelompok  21 terdiri dari 10 orang yang di ketua oleh Rizki Adji Pranata (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Nazarul Akmal (Teknik Arsitektur), Alum Filmizan (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Win Nahri (Teknik Mesin), Mulia Sinta (Pendidikan Fisika), Mutia Atika Suri (Teknik Arsitektur) Sarikatul Munawwarah (Pendidikan Bahasa Indonesia), Mahliawati (Pendidikan Kimia), Akhlakul Karimah (Pendidikan Matematika), dan Raudatun Jani (Teknik Sipil).[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar