Mahasiswa KKN 04 Edukasi Pentingnya Kesehatan kepada Anak-Anak

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 04 Edukasi Pentingnya Kesehatan kepada Anak-Anak. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 04 Universitas Malikussaleh mengedukasi anak-anak untuk pentingnya menjaga kesehatan di Gampong Nga, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Kamis (23/6/2022).

Mahasiswa KKN kelompok 04 terdiri dari Ary Raihan (Antropologi), Darwis (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Gadih Raftaini Sambo (Pendidikan Matematika), Irama Novita Yeni (Pendidikan Bahasa Indonesia), Maghfira (Teknik Arsitektur), Muhammad Tia Mardoni (Teknik Mesin), Natalis Paragaye (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Ridho Syawali (Teknik Elektro), Siti Ramadhani (Pendidikan Fisika), Wirdaturrahmah (Pendidikan Matematika). Kelompok tersebut dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Romi Asmara MHum.

Kepada Unimalnews, Sabtu (25/6/2022), Natalis Paragaye mengatakan, edukasi ini bertujuan untuk menerapkan pentingnya menjaga kebersihan sejak dini, dan dimulai dari hal kecil seperti menggosok gigi yang benar dan mencuci tangan yang benar.  Kegiatan diawali dengan melakukan praktik cuci tangan yang terdiri dari enam langkah cara mencuci tangan. Seluruh anak – anak mendapat giliran untuk mempraktikkan 6 langkah dalam mencuci tangan. 

“Dengan melakukan cuci tangan ini dapat meminimalisir penyakit yang sering terjadi pada anak seperti diare, flu, dan batuk. Kegiatan ini di pandu oleh kawan-kawan kami yaitu Ridho Syawali dan Irama Novita Yeni,” katanya.

Lanjut Natalis, kemudian kegiatan itu dilanjutkan dengan tata cara menggosok gigi yang benar sesuai dengan anjuran dokter gigi. Kami memberikan himbauan untuk selalu menggosok gigi 2 kali sehari pada saat sebelum dan sesudah tidur. Anak – anak diberikan sikat gigi dan pasta untuk mempraktikan tata cara menggosok gigi yang benar. Dengan ini gigi anak – anak akan terhindar dari segala kerusakan dan masalah gigi. 

“Harapan kami agar anak – anak selalu melakukan dan menerapkan perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan dan gosok gigi yang benar,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Romi Asmara MHum menyampaikan, agar mahasiswa tetap menjalankan program utama sesuai dengan tema KKN yang telah ditetapkan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar