Manfaatkan Hari Libur Anak, Mahasiswa KKN 30 Ciptakan Reungkam Mengajar

SHARE:  

Humas Unimal
Manfaatkan Hari Libur Anak, Mahasiswa KKN 30 Ciptakan Reungkam Mengajar. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 30 Universitas Malikussaleh ciptakan Reungkam Mengajar  di Gampong Reungkam, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Senin (20/6/2022).

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 30 yaitu Taufiq Abrar (Teknik Arsitektur), Afiddanil Uliarafi (Teknik Mesin),Ahmad Rival (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Alfisyahrin (Teknik Informatika), Rahmi Safira (Pendidikan Kimia),Indah Munarti (Teknik Arsitektur),Maghfirah Zulfa (Pendidikan Fisika),Arthanti Mardhatillah (Pendidikan Matematika),Hilal Aulia (Teknik Sipil),Rauzatul Muna (Pendidikan Bahasa Indonesia),Dahliana (Pendidikan Fisika) dengan Dosen Pembimbing Lapan (DPL), Erna Isfayani MPd.

Ketua Kelompok 30, Taufiq Abrar menyampaikan, masyarakat dan anak anak menyambut dengan antusias acara reungkam mengajar ini karena diadakan bertepatan dengan libur semester genap anak-anak siswa yang berada di Gampong Reungkam ini. 

“Acara ini sangat mendapat dukungan dari geuchik gampong dan masyarakat,” katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan yang ada dalam Reungkam Mengajar dimulai dari belajar mengenalkan huruf, menulis, mengaji iqra',membaca al-Qur'an, dan menggambar. Dalam kegiatan ini anak anak dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai dengan usia. 

“Adapun usia anak yang mengikuti Reungkam Mengajar dari usia 4 tahun – 12 tahun  Kegiatan ini dilakukan dari hari senin sampai dengan sabtu pada pukul 09:00-11:00 WIB,” sebut Taufiq.

Geuchik Gampong Reungkam, Muhammad Saidi berharap dengan adanya acara ini dapat mengisi hari libur anak-anak dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan juga dapat meningkatkan mutu dan kualitas anak-anak dalam pendidikan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini sedikit banyaknya dapat membantu pemerintah terutama Gampong Reungkam untuk mengurangi angka anak anak buta huruf,” tuturnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Erna Isfayani MPd menyampaikan, Reungkam Mengajar yang dilakukan mahasiswa bimbingannya adalah salah satu kegiatan untuk memfasilitasi anak-anak untuk dapat memanfaatkan waktu liburannya,  dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat desa baik dalam ilmu pendidikan maupun ilmu agama dimana kedua ilmu tersebut harus saling berhubungan sebagai bekal mereka dalam kehidupan kedepannya.

“Saya meminta mahasiswa bisa menjaga nama baik kampus selama mengikuti kegiatan KKN di Gampong Reungkam, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara,” pungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar